Sunday, 26 February 2017

UMART, SWALAYAN KEROYOKAN TANPA RIBA DARI TEMANGGUNG!

UMART, SWALAYAN KEROYOKAN TANPA RIBA DARI TEMANGGUNG!

Usai seminar "Kembali Ke Titik Nol" di Graha Bhumi Pala Temanggung saya diculik panitia, meninggalkan 850 peserta yang berdesak-desakan di pintu keluar. Kami makan siang di Warung Tobat yang rame siang itu, kaget di pintu masuk ada foto saya bertuliskan "Berani Jadi Tobaters?" Hehe..

"Warung ini milik saya mas, yang tobat bukan sambelnya! Tapi saya yang dulu bergelimang riba di 23 Bank.. utang saya sampai 4M waktu itu.. tobaaat deh sekarang hehe" kata mas Lazim

Gileee bener deh! Katanya dulu mempraktekkan ilmu cashback utang bank yang dulu heboh dipelajari. Tapi akhirnya satu-satu bertumbangan..

Kami juga ditemani mas Muchlis Nuryanta yang kisahnya saya tulis di buku "Berani Jadi Taubaters", orang gendeng ini.. utangnya di 15 bank sudah ditebass habis-bis! Lunas-nas!
Apa lagi ya ceritanya sekarang ya? Pasti seru..

"Mas Saptu, kami sudah berhasil mendirikan swalayan oleh-oleh Temanggung tanpa riba sama sekali. Modal keroyokan bareng-bareng, ternyata bisa!" Katanya

"Gimana tuh sistemnya? Siapa tau jadi inspirasi orang se Indonesia.."

"Saya dan mas Lazim serta dua kawan lainnya mengedukasi warga Temanggung yang punya produk sendiri untuk kita kumpulan di satu tempat. Alhamdulillah terkumpul 170 orang, semua patungan masing-masing 1 juta, terkumpulah modal 170 juta, kami gunakan untuk sewa tempat 60 juta, sisanya untuk peralatan rak, kasir dan lain-lain. Semua anggota boleh mensupply barangnya kesini, dengan syarat produk lokal Temanggung, kami tidak menerima barang dari perusahaan-perusahaan besar yang biasa masuk ke swalayan modern. Lihatlah mas semua etalase ini penuh dengan produk mereka. Dari beras, snack, peralatan rumah tangga, sabun cuci, sampai sandal ada! Semua produksi warga Temanggung sendiri.. "

Wow! Bagaimana sistem bagi hasilnya ya?

"Kami mengambil 15-20% dari tiap produk yang disetor para anggota. Misal ada snack harga 15.000 maka swalayan mendapatkan untung 3000, keuntungan kami kumpulkan, hasilnya untuk operasional membayar gaji pegawai juga untuk kegiatan dakwah dan pelatihan buat mereka. Ruang belakang itu luas mas, rutin buat kami bikin pelatihan bisnis para anggota.."

Ternyata Umart sudah berjalan 4 bulan ini, bagaimana respon masyarakat?

"Bagus mas.. bahkan para sesama anggota juga berkomitmen memakai produk anggota yang lain. Harga bersaing dengan swalayan modern, dan saling merekomendasikan. Kami tau perjuangan masih panjang, paling tidak kami membuktikan bisa punya bisnis keroyokan tanpa riba.. itu yang membuat kami berbeda!" Mas Lazim menambahkan..

Masya ALLAH yaa.. semangat kawan-kawan yang hijrah di berbagai kota begitu bergelora. Merindiing melihat aksi mereka..

Bisnis memang bukan hanya soal materi, tapi juga soal keberkahan. Bibit-bibit perjuangan di berbagai kota ini yang bisa saling dicontoh mengisi kekosongan dan kegelisahan bersama. Bukan tidak mungkin 10 tahun lagi swalayan-swalayan seperti ini bertebaran di seluruh negeri yang membawa kemakmuran dalam keberkahan..

Insya ALLAH..
@Saptuari

Note:
UMART
Jl. MT. Haryono 110 Temanggung Jawa Tengah
Kontak Pengelola:
Muchlis Nuryanta (085640435800)
Lazim (082323199991)

»»  Baca Selengkap-lengkapnya

SUJUD! KEAJAIBAN REJEKI MEMINTA PADA ALLAH..

SUJUD! KEAJAIBAN REJEKI MEMINTA PADA ALLAH..

"Mas Saptu, mampir warung saya mas! Please tak tunggu.. ada bebek paling enak se-Magelang, dan ada kisah luar biasa mas!"
Isi WA dari Dimas Adnan saya terima kemarin dalam perjalanan dari Jogja ke Temanggung.

Ada cerita 'nggedabusss' apa lagi dari orang ini, dibanding tawaran bebeknya, saya kok lebih tertarik dengan ceritanya. Kalo menarik saya tayangkan di group ini..

Jam 4 sore saya mampir ke lokasi yang dia kirim rutenya via WA, di jalan Bandongan arah Kaliangkrik. Sebuah warung makan dengan konsep natural dari bambu, tempat parkirnya luas penuh dengan mobil. Ketika saya keluar dia sudah prengas-prenges membawa payung, sementara di dalam suara begitu ramai orang yang sedang makan. Sebuah Neonbox besar bertuliskan: ATM Cafe, Angkringan Tmax Tmilk! Haiyah.. apalagi nih..

"Cerita opo lagi Dim? Nek ra menarik ora layak tayang pokoke.. hehe" kata saya iseng

"Naaah itulah mas.. saya maksa mas Saptu kesini karena ada testimoni yang mau saya ceritakan.. sambil nunggu bebeknya datang yo mas, wajib mencoba.."

Mmmm.. ini nih yang jadi godaannya..

"Usaha SuperMilk dah saya tutup mas, karena pemilik tempat mulai tidak konsisten, dari yang sebelumnya bagi hasil tiap bulan dia mulai minta ngerecoki keuangan harian, akhirnya saya milih menutup usaha saja, daripada diteruskan cuma sakit hati.."

Terus? Gitu thok? Biasa itu mah..

"Dalam kondisi saya gak punya modal banyak, bikin buka usaha lagi mau dari mana? Tempat gak punya? Karyawan gak punya?.. dan saya mraktekkan ilmunya, memperbaiki sholat total! Selalu jamaah di masjid, kobliah ba'diah, tahajud, dhuha gak pernah putus.. kemana-mana saya pakai kemeja sekarang, mantesin diri ketika ALLAH memanggil saya langsung ke masjid sudah pakai kemeja, saya cuman pakai kaos kalo di rumah habis isya, atau habis subuh.. "

Terus, apa tuh yang kamu rasakan? Minta harta banyak? Dapat pinjaman? Dapat modal usaha?

"Enggak mas, setiap sujud saya lama berdoa, hanya minta ya ALLAH cukupkan semua kebutuhanku saat ini, saya gak minta macem-macem atau nyebut rupiah. ALLAH tau apa yang saya butuhkan, dan saya minta dicukupkan.. "

Ngefek begitu?

"Itulah mas.. dimulai dari saya seperti diingatkan ada orang yang pernah mencari saya ketika dia dulu mampir ke warung susu, dia bilang mau ketemu. Cuman saya waktu itu belum ada waktu.. pas sekarang kok tiba-tiba ingat, saya datangi alamat yang dulu dikasih. Masya ALLAH kejaiban itu datang mas, orangnya ternyata teman almarhum Bapak saya, dan ternyata asalnya gak jauh dari rumah saya juga, cuman selama ini dia tinggal di Jakarta, orang itu bilang kesaya: Dimas, saya suka melihat usahamu, saya mau kamu kerjasama dengan saya, ada tanah 3000 meter siap kelola, kalo modal kurang saya tambahi, nanti bagi hasil, kamu 60%, saya 40%.. "

"Jleb! Masya ALLAH.. orang ini seperti ALLAH langsung yang hadirkan di depan mata, tanpa saya sibuk mikir utang bank lagi, tanpa mikir utang ke kawan dan saudara, saya minta ke ALLAH langsung! Dan ALLAH hadirkan solusinya.. ALLAH atur prosesnya!"
Lanjut Dimas dengan berapi-api..

Terus? Terus?

"Langsung saya kebut segera merenovasi tempat ini, namanya Angkringan Tmax Tmilk, kalo dalam bahasa jawa itu kayak 'Thimak Thimik', pelan-pelan.. seperti Tuma'ninah dalam gerakan sholat. Sholat itu harus ada jeda, dinikmati tiap gerakannya, gak boleh buru-buru.. itu filosofinya.. Alhamdulillah, warung ini sambutannya luar biasa mas.. siang sampai malam selalu rame, saya sedang nyiapkan ada meeting room di belakang karena permintaan pelanggan agar bisa rapat sekaligus makan siang disini.."

Suara riuh pembeli sedang makan terdengar dari dalam, bebek di piring saya sudah tak bersisa.. ludess sampai sambelnya! Cabe mahal bro!

"Berapa omzet sehari Dim? " tanya saya

"Alhamdulillah rata-rata sudah 5 juta mas, kalo pas weekend naik lagi.. naah gara-gara responnya bagus, saya ditawari lahan kedua mas di Blabak Magelang 2000m, minta dibuatkan persis seperti ini.. masya ALLAH, seperti dibuka jalan sama ALLAH, saya hanya minta DICUKUPKAN.. oleh ALLAH malah dikasih banyak peluang di depan mata.."

Kok bisa cepet rame gini? Kamu promosi pakai apa? Facebook? Instagram? Brosur? Spanduk?

"Enggak mas.. pakai doa" tutupnya sambil cengengesan

Hujan rintik di Magelang, seolah mengamini semua cerita yang saya dengar..

Perjalanan menuju Jogja menjelang petang, jadi syahdu jika mengingat janji Tuhan..

"Jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu" (Al-Baqarah:45)

Gerimis..
@Saptuari

»»  Baca Selengkap-lengkapnya

KALAU KAU TEMAN BAIKKU, MENGAPA KAU BIARKAN AKU DISIKSA ?

KALAU KAU TEMAN BAIKKU, MENGAPA KAU BIARKAN AKU DISIKSA ?
.
Aku punya seorang teman baik dari zaman kanak-kanak bernama Lim Wei Choon. Sama-sama sejak sekolah dasar sampai ke SMA.
.
Setelah SMA, aku masuk ke Perguruan Tinggi sedangkan Lim diantar keluarganya utk melanjutkan sekolah ke Amerika.
.
Kenangan sewaktu kanak-kanak hingga ke zaman remaja terlalu banyak yang bisa dikenang bersama.
.
Setiap kali hari raya datang, Lim pasti berkunjung ke rumahku untuk menikmati dodol ayahku yang sangat disukainya.
.
Kadangkala, jika ada acara di rumahku, pasti Lim akan ikut serta. Aku jarang ke rumahnya kecuali untuk acara2 seperti menyambut Tahun Baru Cina. Aku takut dengan anjing peliharaan keluarga Lim.
.
Dengan Lim aku banyak belajar matematika, sedangkan Lim sering belajar Bahasa Malaysia kepadaku.
.
Kenangan-kenangan seperti memancing, mandi di air terjun, bolos sekolah untuk melihat pertandingan ‘breakdance’, semuanya kami jalani bersama-sama.
.
Apa yang ingin ku sampaikan adalah, warna kulit dan perbedaan agama tidak pernah menjadi penghalang persahabatan kami.
.
20 tahun telah berlalu, Lim telah menetap di Amerika setelah berhasil mendapatkan Green Card, ia bekerja disana. Itu yang kutahu dari kakaknya.
.
Hubungan aku dengan Lim terputus setelah dia melanjutkan sekolah. Maklumlah, di zaman kami dulu tidak ada internet, email atau telepon genggam, yang ada cuma sesekali mengirim kartu pos bertanya kabar. Untuk menulis surat kepada laki-laki sangat malas kami rasakan.
.
Suatu pagi. Aku bertemu dengan kakak Lim di pasar , kakaknya memberitahu Lim akan pulang ke tanah air. Dan aku sangat terkejut dengan berita yang kudengar dari kakaknya.
.
“Namanya sekarang bukan lagi Lim Wei Choon. Namanya sekarang Ahmad Zulfakar Lim sejak 5 tahun lalu… Subhanallah!
.
Syukur Alhamdulillah, teman baikku telah mendapatkan hidayah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Memang aku tak sabar untuk berjumpa dengannya lebih-lebih lagi setelah menjadi saudara seagama denganku.
.
Hari yang kutunggu-tunggu telah tiba, dan sore itu aku bertemu dengan Lim dirumahnya. Ada satu perasaan istimewa menyambut kepulangannya.
.
Ketika aku tiba, tamu2 di rumah Lim sudah banyak yang pulang…
.
Assalamu’alaikum… Itulah kalimat pertama dari mulutnya, wajahnya sudah jauh berubah, air mukanya amat redup dan tenang.
.
Aku menjawab salam dan berpelukan dengannya dan kami menangis layaknya kekasih yang sudah terlalu lama terpisah.
.
‘Ini dia olang memang sudah lama kawan, dari kecik ini dua olang” Ibu Lim menjelaskan pada beberapa orang tamu yang melihat peristiwa kami berpelukan dan menangis itu.
.
Tetapi aku bukan menangis karena apa2, tetapi karena amat terharu dan sangat bersyukur melihat keislaman temanku. Lim mengajak aku duduk di halaman rumahnya untuk mengobrol.
.
Ia masih fasih berbahasa Melayu walau sudah lama berada di perantauan.
.
Setelah cukup lama mengobrol, Lim bertanya padaku : "Talha, kau teman baikku kan? Betul kan ?"
.
Aku menjawab : "Iyalah..aku teman baikmu. Kenapa kau tanya seperti itu?"
.
Kalau kau teman baikku, kenapa kau biarkan aku disiksa?
.
Sorry Lim. Aku tak paham… disiksa? What do you mean?
.
Coba kau pikir, kita ini teman dari kecil. Aku ingat lagi, rumah kau itu, is my second house, rumah kedua bagiku.
.
Tapi, mengapa kau tak pernah ceritakan pada aku tentang Islam?
.
Mengapa setelah aku pergi ke Amerika aku baru tahu tentang Islam? Mengapa bukan di Malaysia, negara Islam ini?
.
Dan mengapa aku di-Islamkan oleh seorang bekas pendeta Kristen ?
.
Aku terdiam, kelu tak mampu menjawab. Dan Lim terus berkata-kata. Kalau betullah kau teman baik aku, Kenapa kau cuma mau baik dengan aku di dunia saja? Kau suka lihat teman baik kau ini disiksa di dalam api neraka?
.
Kau tahu, kalaulah aku ini tak sempat masuk Islam hingga aku mati, maka aku akan tuntut semua orang Islam dalam kampung kita ini sebab mereka tak sampaikan dakwah Islam ini pada aku dan keluarga aku serta orang2 non muslim yang lain.
.
Kau sadar tidak, kau sudah diberikan nikmat besar oleh Allah dengan lahir dalam keluarga Islam.
.
Tapi, nikmat itu bukan untuk kau nikmati seorang diri, atau untuk keluarga kau sendiri. Kau dilahirkan dalam Islam adalah karena ditugaskan untuk sampaikan Islam pada orang-orang yang dilahirkan dalam keluarga bukan Islam seperti aku.
.
Aku masih tertunduk dan tak bisa berkata apa-apa karena sangat malu. Berdakwah adalah tugas muslim yang paling utama, sebagai pewaris Nabi, penyambung Risalah.
.
Tetapi apa yang aku lihat, orang melayu ini tidak ada semangat jihad, tidak ada keinginan untuk berdakwah.
.
Bagaimana Allah akan menolong bangsa ini kalau bangsa ini tidak menolong agama Allah ?
.
Aku merasa kesal sendiri… sepatutnya nikmat ini aku bisa gunakan dengan betul dan tepat, karena selagi aku belum pernah berdakwah, jangan berpikir kalau aku sudah bersyukur pada Allah.
.
Dan satu lagi, jangan dengan mudah aku mencap orang-orang bukan Islam itu sebagai kafir karena kafir itu berarti ingkar.
.
Kalau aku sudah sampaikan seruan masuk Islam dengan betul, kemudian mereka ingkar dan berpaling, barulah aku boleh panggil mereka kafir.
.
Aku menjadi sangat malu, karena apa yang dikatakan oleh Lim adalah benar. Dan aku pun tak pernah terpikir selama ini. Aku hanya sibuk untuk memperbaiki amalan diriku sendiri sehingga lupa pada tugasku yang sebenarnya.
.
Baru aku paham, seandainya tugas berdakwah ini telah aku laksanakan, maka barulah Allah akan memberikan pertolongan, bantuan dan kekuatan serta mempermudah segala urusan dunia dan akhiratku.
.
Sore itu aku pulang dengan satu semangat baru.
.
Aku ingin berdakwah!
.
Lim yang baru memeluk Islam selama 5 tahun itu pun telah mengislamkan lebih dari 20 orang termasuk adiknya. Mengapa aku yang hampir 40 tahun Islam ini tidak pernah menyampaikan dengan serius kepada satu orang pun yang bukan Islam ?
.
Semoga Allah mengampuni diriku yang tidak menyadari apa itu arti nikmat dilahirkan sebagai seorang muslim.
(Kisah diatas dikirim seorang teman Malaysia dalam bahasa Melayu, telah diedit dan disadur ke dalam bahasa Indonesia agar lebih banyak sahabat yg mendapat manfaat, terutama bagi diri saya sendiri. Selamat Berdakwah ! Teman Baikmu, MN)

»»  Baca Selengkap-lengkapnya

Friday, 13 May 2016

Unilah Yang Disebut dengan Peach Body Butter

sumber gambar : http://www.xuvious.com/wp-content/uploads/2014/06/The-Body-Shop-Peach-Vineyard-Body-Butter-2.jpg

Peach Body Butter
Indonesia:
Merupakan pelembab badan yang alami-alami yang terbuat dari ekstrak buah persik yang wanginya seakan-akan seperti diambil langsung dari habitanya kemarin sore. Dengan khasiatnya yang tinggi, pelembab ini dapat membuat kulit kita mulus semulus sutera yang baru dkirim dari Persia.
Kerennya, dalam sekali oles, kemulusan ini dapat bertahan sampai 24 jam non stop. Selama itu Anda akan merasakan kulit yang lebih halus dan lebih lembut dari biasanya. Sungguh tidak terbayangkan bukan?
Dan satu alasan yang terbaik mengapa harus menggunakan pelembab ini yaitu pelembab ini terdiri dari campuran bahan bahan yang sudah dipastikan aman untuk kulit kita. Jadi, nggak perlu takut lagi untuk memakainya setiap hari. Mantab kan?

English :
This Is a natural moisturizer for body that made ​​from extracts of peach which it’s fragrance such as if taken directly from their place lastday . With high efficacy , this moisturizer can make our skin smooth as smooth as silk like newly expelled from Persia .
In a one step, this smoothness can amazingly keeped last up to 24 hours non-stop . During that time you will feel smoother and softer than usual . It is not inconceivable isn’t it?

And one of the best reasons why you should use this moisturizer that is this moisturizer is composed of a mixture of ingredients that have been determined to be safe for our skin . So, do not be afraid anymore to use it every day . Amazing isn’t it?
»»  Baca Selengkap-lengkapnya

Tahukah Kamu Apa Itu Sis-Pack

Sumber gambar : http://wallpaper.zone/img/5211759.jpg
Six-Pack

Indonesia:
Siapa yang tidak pernah mendengar kata yang menjadi-idaman-setiap-pria-di-muka-bumi ini.  Namun anehnya, walaupun jadi dambaan, saya yakin mereka tidak dapat mengungkapkan kata yang satu ini dalam bahasa Indonesia. Anda tidak akan temukan padanan kata dalam bahasa Indonesia yang pas untuk kata ini. Jika diartikan secara paksapun jadinya “Enam Bungkusan” atau “Enam Lipatan”. Bisa-bisa malah salah paham yang terjadi jika menyebut kata tersebut.
Nah, untuk itu saya jelaskan saja pengertian dari Six-Pack daripada terjadi salah tafsir di antara kita. Six-Pack adalah bentuk perut yang berkotak-kotak yang terdiri dari enam bagian yang jelas berukuran 3 x 2 yang simetris, yang kalau melihatnya bisa bikin wanita klepek-klepek karena ke-aduhaian-nya.
Tentunya untuk mendapatkan bentuk tersebut (kotak 3x2 tadi) tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Diperlukan latihan yang intens dan semangat juang yang tinggi serta kesabaran yang teruji untuk mendapatkannya. Orang bahkan rela menghabiskan uangnya untuk pergi ke gym demi hal ini.
Konsep sederhananya untuk membuat bentuk tersebut (sekali lagi 3x2 tadi) yaitu dengan memperkuat otot perut dan mengurangi lemak yang ada dalam perut dengan menjaga pola makan sesuai dengan dosis dan teratur.

English:
Who has not heard a word that become desire-of-every-man-in-the-world. But strangely, although it’s look famous, I'm sure that they can not reveal this one word in Indonesian. You will not find the equivalent word in Indonesian fitting for this word. If we hard-translate it, it will be "Six Wrap" or "Six Folds". It could to be misunderstanding that occurred when calling it’s word.
So, I will describe the meaning of Six-Pack in order to there are no a misinterpretation between us. Six-Pack is a form of stomach like boxes which consists of six sections which clearly measuring 3 x 2 and it’s are symmetrical, it will make woman quickly falling love in one sight.
Of course, to get the shape (3x2 box) can not be reached in an instant way. Required an intense workout and high spirit also big patience. Even people are willing to spend their money to go to the gym because of it.

The concept is simply to make that’s form (3x2 again). The way is to strengthen the abdominal muscles and reduce fat in the abdomen by maintain a regularly diet according to the dose.
»»  Baca Selengkap-lengkapnya

Friday, 25 December 2015

25 Gambar Nama Nabi


























»»  Baca Selengkap-lengkapnya

Tuesday, 22 September 2015

Jawaban Pertanyaan chapter 3 buku MIS

 (Manajement Information System)



Chapter 3


Question


1. In term of dollar impact, which is more important, B2B or B2C e-commerce? By how much?
Jawab:
Dalam hal dampak dalam dolar, yang lebih penting adalah e-commerce pada B2B. Hal ini disebabkan karena jumlah transaksi yang terjadi biasanya sedikit, namun nilainya dalam dolar sangat tinggi. Misalnya sebuah produk seharga $20/ unit akan menghasilkan $20 dalam sekali transaksi B2C sedangkan pada transaksi B2B bisa mencapai lebih dari $ 20,000 dalam sekali transaksi.


2. Should the design of a B2B site be from the customer’s point of view or from the firm’s? explain
Jawab:
Desain B2B harus dari sudut perusahaan pandang karena transaksi B2B melibatkan sangat sedikit orang, umumnya mereka yang berada di kelompok sistem informasi perusahaan yang terkena dampak langsung. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih atau sudah biasa dalam penggunaan sistem informasi dan akrab dengan proses bisnis dipengaruhi oleh transaksi. Ini adalah pertukaran produk, jasa, atau informasi terhadap bisnis daripada antara bisnis dan konsumen.

3. Should the design of a B2C site be from the customer’s point of view or the firm’s? explain
Jawab:
Dalam situs B2C desain harus dari  sudut pandang, karena pelanggan terlibat langsung dan intensif dalam situs ini. Transaksi membutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Pelanggan mungkin tidak memiliki keahlian dengan teknologi informasi, sehingga website harus menawarkan petunjuk dan membantu. Singkatnya itu adalah pertukaran jasa, informasi dan / atau produk dari bisnis ke konsumen. Jadi harus memudahkan konsumen dalam mengunjungi maupun menggunakan website.


4.List three anticipated benefits of e-commerce?
Jawab:


  • Meningkatkan Pelayanan terhadap konsumen sebelum, saat dan setelah penjualan
  • Meningkatkan hubungan dengan penyedia dan bagian finansial
  • Meningkatkan economic return  kepada stake holder dan pemegang saham


5. Identify three reasons why firms were initially hesitant to engage in e-commerce


  • Biaya tinggi
  • Masalah keamanan
  • Software yang belum matang atau belum tersedia

6.What was the dollar amount of e-commerce in the United States in 2003? If past trends continue, what would your projection be for 2010?
Jawab:
Pada tahun 2010 harga e-commerce akan tetap naik. Dalam dolar, jumlah transaksi e-commerce yang terjadi di US pada tahun 2003 adalah sebesar $1.7 trilyun. Apabila tren pertumbuhan aktivitas e-commerce terus berlanjut, yaitu sebesar 5% setiap tahunnya, maka pada tahun 2010 proyeksinya menjadi $2,392,070,718,515.62. jadi bisa disimpulkan bahwa harga e-commerce berum;a pada 2003 seharga 1.7 triliun dolar dan Pada lima tahun terakhir naik hingga 15%.


7. Why would a firm use an external database instead of gathering business intelligence itself?
Jawab:
Perusahaan menggunakan external database karena lebih cepat dan lebih murah daripada perusahaan tersebut mengumpulkan database tersebut sendiri. Hal ini dikarenakan penyedia external database biasanya sudah memiliki database yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

8. Which external database provides information about US and Canadian manufacturers?
Jawab:

9. Identify the two basic benefits of an interorganization system
Jawab:


  • Efisiensi komparatif : Dengan bergabung dengan IOS, rekan trading dapat memproduksi produk dan jasa dengan efisiensi lebih tinggi.
  • Kekuatan penawaran : Kekuatan penawaran merupakan kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan penyedia dan konsumen.

10. What is vendor stock replenishment?
Jawab:
Merupakan tipe special IOS dimana kepercayaan konsumen kepada pemasok sangat besar sehingga dapat membuat pemasik mengakses sistem inventory nya.

11. Explain electronic data interchange
Jawab:
EDI atau electronic data interchange adalah satu bentuk “e-commerce” yang secara formal diperkenalkan kepada seluruh masyarakat secara luas dengan menggunakan media komputer di dalam pelaksanaannya. EDI merupakan transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI (Electronic Data Interchange) memiliki format standar untuk pertukaran data bisnis. Format standar nya adalah ANSI X12 dan dikembangkan oleh Data Interchange Standards Association. ANSI X12 sangat baik dikoordinasikan atau digabung dengan standar internasional EDIFACT.Meskipun EDI ini teknologi yang sudah lama, EDI penting karena merupakan sebagian fasilitas dari B2B e-commerce.  EDI didominasi pengimplementasian IOS.  Lebih dari dua atau tiga kegiatan yang dilakukan e-commerce menggunakan EDI.
Untuk proses transaksi datanya  (pengiriman dokuman dan respon) dapat dijelaskan sebagai berikut:


  1. Pengguna melakukan pengisian Aplikasi Modul seperti PIB, PEB, dll.
  2. Jika data sudah siap dan lengkap, pengguna melakukan proses Edifact. Proses ini dilakukan oleh Enabler dari sisi pengguna.
  3.  Pengguna melakukan proses komunikasi untuk mengirimkan data/dokumen yang sudah dibentuk Edifact.
  4. Data/dokumen kemudian dikirimkan melalui jaringan EDI. 
  5. Data yang sudah diterima kemudian di proses.
  6. Sesudah proses selesai kemudian Respon balasannya telah didaparkan dan dikirimkan melalui jaringan EDI, kemudian ditampung disana untuk sementara.
  7. Pelanggan melakukan proses komunikasi lagi untuk mengambil respon yang sudah ada di jaringan.
  8. Respon untuk pelanggan masuk dan kemudian ditranslasi oleh Enabler untuk dapat dibaca oleh Aplikasi Modul sebagai user interface-nya pelanggan.

12. Give three examples of digital products
Jawab:


  • E-Book
  • Software : firefox, word, excel, dll
  • Website template


13. What costs do purchasers of digital products?
Jawab:
Biaya yang terjadi pada pembeli produk digital di dalam transaksi yang mereka lakukan Diantara lain terdapat biaya-biaya tambahan lainnya, seperti biaya computer, biaya koneksi online, penyimpanan media, biaya dalam melakukan edit, biaya tenaga ahli, dan lainnya.

14. Why would you a firm sell products from both a physical storefront and a web site?
Jawab:
Ini merupakan sebuah strategi bisnis dimana dapat memudahkan konsumen. Konsumen dapat diinfokan mengenai biaya dan fitur produk, mengatur cara pembayaran, dan pengiriman produk

15. How is mobile commerce?
Jawab:
Untuk mobile commerce menggunakan teknologi 3g untuk menyambungkan antara ponsel pengguna dan sebuah pda

16. How is Japan expanding business applications for the customers who have a 3g phones?
Jawab:
Di Jepang perusahaan NTT DoCoMo,Inc membeli 30% dari Sumitomo Mitsui Financial Group.  Ini didasari dari sebagian besar orang dewasa Jepang memiliki sebuah ponsel, dan ponsel tersebut dapat digunakan untuk transaksi finansial.

17. What is the difference between the internet and the world wide web?
Jawab:
Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang dapat menghubungkan jutaan computer. World wide web merupakan kumpulan dari computer yang menjadi sebuah server yang menyimpan dokumen yang telah diformat yang dapat mengeluarkan text, gambar dan suara yang dapat menghubungkan dengan dokumen lain di web.

18. How do hospitals use e-commerce  for supply chain management?
Jawab:
Rumah sakit dapat membeli dari penyedia secara online, ini dapat lebih menguntungkan kira 5% daripada transaksi biasa.  Rumah sakit dapat menggunakan protocol standar seperti internet yang dapat menghubungkan beberapa vendor dan rumah sakit.
Global Healthcare Exchange (WWW.GHX.COM) membantu umah sakit dalam mengimplementasian commerce exchange. Hal ini sangat membantu satu klienThe Cape Fear Health System in North Carolinauntuk membuat sambungan pertukaran perdagangan yang baru dengan vendor dalam satu jambiasanya untuk sistem pada rumah sakit butuh beberapa minggu untuk terhubung ke vendor baru menggunakan EDI.
aKecepatan dan kemudahan koneksi ke vendor baru melalui e-commerce adalah alasan yang kuat untuk perubahanNamun, pengalaman dari Cape Fear Valley perubahan manajerial merupakan poin yang sangat penting.


  • Pertamadi bawah sistem sebelumnya pembeli cenderung untuk membeli yang diberitahukan oleh dokter,terlepas dari hargaWaktu itu tidak avaiable untuk menganalisis permintaan pembelian dan menemukanpengganti lebih murah atau vendor lebih murahKecepatan dan efisiensi pertukaran melalui commerce memungkinkan pembeli untuk mencari alternatif penghematan biaya.
  • Kedua tingginya biaya mendirikan EDI yaitu sebesar ($ 5,000 hingga $ 30,000) hal ini  membuat vendoryang lebih kecil tidak bisa tergabung pada sistem EDI dan memilih terlibat dalam e-commerce karena biayanya lebih murahDengan bergabung dengan exhange commerce, yang hanya membutuhkan akses internetvendoryang lebih kecil bisa bersaing dengan vendor besarHasilnya adalah biaya pembelian yang lebih rendah untukrumah sakitdan akhirnya pasien bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah dalam berurusan dengan rumah sakit.


19. what is a virtual mall?
Jawab:
Virtual mall merupakan gabungan dari beberapa toko yang berjualan secara online, pelanggan dapat langsung memiloh dan membeli dari website yang sudah disediakan, biasanya semua took di masukan ke dalam beberapa kategori di dalam satu website.

20. Why should firms limit the number of images on a B2C web site?
Jawab:
Perusahaan harus membatasi jumlah gambar pada website B2C karena memuat (load) gambar yang banyak pada komputer pelanggan akan memakan banyak waktu terlebih lagi apabila pelanggan memiliki koneksi internet yang jelek. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan informasi kepada pelanggan tanpa membanjiri mereka dengan informasi-informasi yang tidak diperlukan. Gambar produk dapat ditampilkan dalam jumlah yang banyak kepada pelanggan setelah pelanggan melakukan pencarian spesifik mengenai produk yang diinginkan dengan menggunakan mesin pencari. Setelah pelanggan berfokus pada beberapa produk saja baru gambar dimuat dalam jumlah yang banyak. Semakin sedikit klik pada mouse semakin baik, tetapi sejauh ini hal yang lebih penting adalah kecepatan akses ke website B2C.


21. Where could you go on the Web to acquire a domain name for a web-site?
Jawab:
domain name adalah nama yang merepresentasikan website dari perusahaan atau bisnis, sebagai contoh xyz.com untuk PT xyz. Untuk mendapatkan domain name perusahaan harus mendaftarkan nama yang diinginkan ke organisasi yang bernama ICANN dengan membayar sejumlah uang. Ada beberapa website yang dapat dikunjungi untuk mendaftarkan domain name, seperti : GoDaddy.com, Dotster.com, Register.com, dan 1&1 internet



PROBLEMS


1. Go to the U.S. Census Bureau’s Web page for e-commerce statistics at WWW.CENSUS.GOV/E-STATS (it is very important that all letters in the URL are lowercase). Graph the quarterly e-commerce retail sales for all of the quarterly data you can find. Based on these figures, what do you believe will be the total e-commerce retail sales in the fourth quarter of 2010?




Menggunakan metode simple moving average, diperkirakan nilai transaksi retail sales menggunakan e-commerce akan kembali naik, dan berkisar di angka 33.53 juta dollar.

2. Financial information about many businesses can be found on the Securities and Exchange Commission Web site (WWW.SEC.GOV). If you are gathering business intelligence about a competitor, this may be a good place to start. Go to the SEC Web site and access EDGAR (Electronic Data Gathering, Analysis, and Retrieval) to search corporate finance filings. What was Microsoft’s (ticker symbol MSFT) annual net income according to its most recent Form 10-K?

jawab:




Microsoft’s annual net income untuk tahun:
2012 = $16.978
2011 = $23.150
2010 = $18.760

source : http://indrapriawand.blogspot.co.id/2013/03/jawaban-pertanyaan-chapter-3-buku-mis.html
»»  Baca Selengkap-lengkapnya

Jawaban Soal (CHAPTER II - INFORMATION SYSTEM FOR COMPETITIVE ADVANTAGE) : “Management Information System" oleh Raymond McLeod, Jr. George P. Schell

SOAL DAN JAWABAN SISTEM INFORMASI
1.        Why are standards provided to the information processor in the general systems model of the firm?
Organisasi yang kompleks membutuhkan pengawasan yang  tidak dapat terpantau secara manual oleh karena itu untuk memantau kinerja (performance) perusahaan dapat menggunakan peralatan pengolah informasi untuk memantau kinerja sistem (physical system) bagi para manajer.
2.        What are the eight enviromental elements?
Delapan elemen lingkungan perusahaan, yaitu:
a.       Pemerintah
b.      Komunitas global
c.       Pelanggan
d.      Pesaing
e.       Pemegang saham
f.       Serikat buruh
g.      Pemasok
h.      Komunitas keuangan
3.        What provides the connections between the firm and its environment?
Yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya adalah aliran-aliran umum seperti aliran uang, aliran informasi, dan aliran bahan baku. Contohnya seperti aliran informasi dari konsumen, aliran barang untuk konsumen, aliran uang untuk pemegang saham, dan aliran barang mentah dari pemasok.
4.        What is margin? How does it relate to competitive advantage?
Margin  adalah  nilai  dari  produk  dan  jasa  yang  dihasilkan  perusahaan  dikurangi biayanya, seperti yang dirasakan oleh pelanggan perusahaan. Margin adalah salah satufaktor yang menyebabkan suatu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitifnya. Suatu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif dengan menciptakan value chain (rantai  nilai)  yang  terdiri  dari  kegiatan  utama  dan  kegiatan  pendukung  yangberkontribusi terhadap margin. Margin yang meningkat merupakan tujuan dari rantai nilai.
5.        What are Porter’s primary value activities? What are his support value activities?
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities) menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan aktivitas pendukung.
6.        What is a value chain?
Value Chain atau rantai nilai adalah kumpulan aktivitas atau kegiatan dalam sebuah perusahaan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirimkan dan support produk. Konsep rantai nilai pertama kali dikenalkan dan dipopulerkan oleh Michael E. Porter pada tahun 1985 dalam bukunya.
Rantai nilai (value chain) adalah pola yang digunakan perusahaan untuk memahami posisi biayanya dan untuk mengidentifikasi cara-cara yang dapat digunakan untuk memfasilitasi implementasi dari strategi tingkat-bisnisnya.
7.        What is a value system?
Sistem nilai adalah perusahaan – perusahaan yang berpartisipasi bekerja sama dengan suatu unit tunggal yang terorganisasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
8.        How can a firm achieve strategic advantage from an information system that process customer sales orders?
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dari sistem informasinya dengan memungkinkan elemen-elemen lingkungannya (customers, suppliers, dan lain-lain) untuk dapat mengakses data-data perusahaan secara langsung untuk memfasilitasi penyatuan semua proses bisnis dengan perusahaan. Strategi seperti ini membuka pasar baru dan memungkinkan perusahaan mengoperasikan perusahaannya dengan metode yang sangat baru.
9.        Explain how you would achieve a tactical advantage by tying a sales order system to a customer service system?
Spesialisasi informasi (Information specialists) adalah suatu system yang dibutuhkan oleh karyawan dengan cara ini system produktivitas akan berkerja lebih efisien.
10.    How would you design an information system to take advantage of operational opportunities?
Anda akan mendesain suatu sistem untuk mencapai keuntungan operasional dengan membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menggunakannya dengan perusahaan.
11.    What are the features that distinguish a multinational corporation (MNC) ?
Perbedaan informasi rentang bangsa dan budaya.
12.    What is a source of uncertainty for an MNC ?
Ketidakpastian pada perusahaan multinasional disebabkan oleh ketidakmampuan sistem informasi dalam memberikan informasi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi manajemen.
13.    How do the executives of an MNC respond to uncertainty?
Dengan menggunakan informasi teknologi dengan baik. Namun, kemampuan pemroresan informasi yang baik bergantung pada kemampuannya dalam melakukan koordinasi.
14.    What single word describes the key to achieving competitive advantage for an MNC?
Koordinasi
15.    Identify three ways that cultural and communication barriers can pose challenges in developing a global information system.
·         Kendala-kendala Politis
·         Rintangan Budaya dan Komunikasi
·         Masalah-masalah Teknologi
·         Kurangnya Dukungan dari Manajemen Anak Perusahaan
16.    List the seven types of information resources. Place an asterisk next to those that are always located in information service
Sumber daya informasi perusahaan terdiri dari :
·         Perangkat keras komputer;
·         Perangkat lunak komputer;
·         Spesialis informasi;
·         Pengguna;
·         Fasilitas;
·         Database;
·         Informasi.
17.    Identify four dimension of information that a manager should consider.
Relevansi, akurasiketepatan waktukelengkapan.
18.    What is knowledge management?
Manajemen Pengetahuan adalah manajemen yang sistematis aset pengetahuan organisasi untuk tujuan menciptakan nilai dan memenuhi persyaratan taktis & strategis; terdiri dari inisiatif, proses, strategi, dan sistem yang mendukung dan meningkatkan penyimpanan, penilaian, berbagi, perbaikan, dan penciptaan pengetahuan.
19.    Comment on the following statement:
a.      Information produced by the information processor should be free of errors.
Tidak semua informasi harus error-free. Karena error-free memakan biaya dan terkadang value yang dihasilkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.
b.      An information processor should provide the manager with as muchinformation as possible.
Banyak manajer dapat membuat keputusan yang efektif berdasarkan informasi yang mereka tahu tidak sepenuhnya akurat. Ketika terlalu banyak informasi disajikan, manajer menjadi overloaded dan tidak dapat menggunakan informasi secara efektif.
20.    Why should an organization capture data from its legacy system ?
Perusahaan harus mengambil data dari sistem kelegalan data milik perusahaan tersebut, karena untuk membuktikan bahwa informasi yang akan diolah dari data yang didapatkan tersebut akan bernilai akurat.
21.    How has the increased use of web sites by firms increased the improtance of image management?
URL dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP.
22.    Could a manager be a CIO even though he or she does not have that tittle? Explain
Jabatan CIO tidak sepenting tanggung jawab dan statusnya dalam organisasi. Banyak manajer komputer yang berfungsi sebagai CIO bahkan tanpa gelar jabatan.
23.    Would a degree in business administration help a CIO? Explain.
Ya, CIO dapat memposisikan layanan informasi sebagai elemen yang penting di dalam struktur organisasi perusahaan dengan melakukan:
·         Menghabiskan waktu untuk bisnis dan melakukan pelatihan bisnis, untuk mempelajari bisnis itu sendiri.
·         Secara aktif menjalin kemitraan dengan unit bisnis dan lini manajemen
·         Memfokuskan pada peningkatan proses bisnis
·         Menjelaskan biaya-biaya SI dalam istilah bisnis
Oleh karena itu, gelar di bidang administrasi bisnis akan membantu CIO.
24.    What are the two basic elements that should be included in a strategic plan for information resources ?

Dua elemen kunci pada rencana strategis untuk sumber daya informasi adalah identifikasi tujuan dan sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha untuk memenuhi tujuan.


Sumber : (CHAPTER II - INFORMATION SYSTEM FOR COMPETITIVE ADVANTAGE) : “Management Information System" oleh Raymond McLeod, Jr. George P. Schell
»»  Baca Selengkap-lengkapnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...