Jawaban Soal (CHAPTER II - INFORMATION SYSTEM FOR COMPETITIVE ADVANTAGE) : “Management Information System" oleh Raymond McLeod, Jr. George P. Schell
SOAL DAN JAWABAN SISTEM INFORMASI
1. Why are standards provided to the information processor in the general systems model of the firm?
Organisasi yang kompleks membutuhkan pengawasan yang tidak dapat terpantau secara manual oleh karena itu untuk memantau kinerja (performance) perusahaan dapat menggunakan peralatan pengolah informasi untuk memantau kinerja sistem (physical system) bagi para manajer.
2. What are the eight enviromental elements?
Delapan elemen lingkungan perusahaan, yaitu:
a. Pemerintah
b. Komunitas global
c. Pelanggan
d. Pesaing
e. Pemegang saham
f. Serikat buruh
g. Pemasok
h. Komunitas keuangan
3. What provides the connections between the firm and its environment?
Yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya adalah aliran-aliran umum seperti aliran uang, aliran informasi, dan aliran bahan baku. Contohnya seperti aliran informasi dari konsumen, aliran barang untuk konsumen, aliran uang untuk pemegang saham, dan aliran barang mentah dari pemasok.
4. What is margin? How does it relate to competitive advantage?
Margin adalah nilai dari produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan dikurangi biayanya, seperti yang dirasakan oleh pelanggan perusahaan. Margin adalah salah satufaktor yang menyebabkan suatu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitifnya. Suatu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif dengan menciptakan value chain (rantai nilai) yang terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pendukung yangberkontribusi terhadap margin. Margin yang meningkat merupakan tujuan dari rantai nilai.
5. What are Porter’s primary value activities? What are his support value activities?
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities) menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan aktivitas pendukung.
6. What is a value chain?
Value Chain atau rantai nilai adalah kumpulan aktivitas atau kegiatan dalam sebuah perusahaan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirimkan dan support produk. Konsep rantai nilai pertama kali dikenalkan dan dipopulerkan oleh Michael E. Porter pada tahun 1985 dalam bukunya.
Rantai nilai (value chain) adalah pola yang digunakan perusahaan untuk memahami posisi biayanya dan untuk mengidentifikasi cara-cara yang dapat digunakan untuk memfasilitasi implementasi dari strategi tingkat-bisnisnya.
7. What is a value system?
Sistem nilai adalah perusahaan – perusahaan yang berpartisipasi bekerja sama dengan suatu unit tunggal yang terorganisasi, menciptakan sinergi yang tidak dapat dicapai dengan bekerja sendiri-sendiri. Porter memikirkan kaitan tersebut saat ia berfokus pada penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
8. How can a firm achieve strategic advantage from an information system that process customer sales orders?
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dari sistem informasinya dengan memungkinkan elemen-elemen lingkungannya (customers, suppliers, dan lain-lain) untuk dapat mengakses data-data perusahaan secara langsung untuk memfasilitasi penyatuan semua proses bisnis dengan perusahaan. Strategi seperti ini membuka pasar baru dan memungkinkan perusahaan mengoperasikan perusahaannya dengan metode yang sangat baru.
9. Explain how you would achieve a tactical advantage by tying a sales order system to a customer service system?
Spesialisasi informasi (Information specialists) adalah suatu system yang dibutuhkan oleh karyawan dengan cara ini system produktivitas akan berkerja lebih efisien.
10. How would you design an information system to take advantage of operational opportunities?
Anda akan mendesain suatu sistem untuk mencapai keuntungan operasional dengan membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menggunakannya dengan perusahaan.
11. What are the features that distinguish a multinational corporation (MNC) ?
Perbedaan informasi rentang bangsa dan budaya.
12. What is a source of uncertainty for an MNC ?
Ketidakpastian pada perusahaan multinasional disebabkan oleh ketidakmampuan sistem informasi dalam memberikan informasi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi manajemen.
13. How do the executives of an MNC respond to uncertainty?
Dengan menggunakan informasi teknologi dengan baik. Namun, kemampuan pemroresan informasi yang baik bergantung pada kemampuannya dalam melakukan koordinasi.
14. What single word describes the key to achieving competitive advantage for an MNC?
Koordinasi
15. Identify three ways that cultural and communication barriers can pose challenges in developing a global information system.
· Kendala-kendala Politis
· Rintangan Budaya dan Komunikasi
· Masalah-masalah Teknologi
· Kurangnya Dukungan dari Manajemen Anak Perusahaan
16. List the seven types of information resources. Place an asterisk next to those that are always located in information service
Sumber daya informasi perusahaan terdiri dari :
· Perangkat keras komputer;
· Perangkat lunak komputer;
· Spesialis informasi;
· Pengguna;
· Fasilitas;
· Database;
· Informasi.
17. Identify four dimension of information that a manager should consider.
Relevansi, akurasi, ketepatan waktu, kelengkapan.
18. What is knowledge management?
Manajemen Pengetahuan adalah manajemen yang sistematis aset pengetahuan organisasi untuk tujuan menciptakan nilai dan memenuhi persyaratan taktis & strategis; terdiri dari inisiatif, proses, strategi, dan sistem yang mendukung dan meningkatkan penyimpanan, penilaian, berbagi, perbaikan, dan penciptaan pengetahuan.
19. Comment on the following statement:
a. Information produced by the information processor should be free of errors.
Tidak semua informasi harus error-free. Karena error-free memakan biaya dan terkadang value yang dihasilkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.
b. An information processor should provide the manager with as muchinformation as possible.
Banyak manajer dapat membuat keputusan yang efektif berdasarkan informasi yang mereka tahu tidak sepenuhnya akurat. Ketika terlalu banyak informasi disajikan, manajer menjadi overloaded dan tidak dapat menggunakan informasi secara efektif.
20. Why should an organization capture data from its legacy system ?
Perusahaan harus mengambil data dari sistem kelegalan data milik perusahaan tersebut, karena untuk membuktikan bahwa informasi yang akan diolah dari data yang didapatkan tersebut akan bernilai akurat.
21. How has the increased use of web sites by firms increased the improtance of image management?
URL dan nama yang digunakan untuk menjelaskan informasi yang disediakan oleh lokasi tersebut untuk pemakai WEB adalah FTP.
22. Could a manager be a CIO even though he or she does not have that tittle? Explain
Jabatan CIO tidak sepenting tanggung jawab dan statusnya dalam organisasi. Banyak manajer komputer yang berfungsi sebagai CIO bahkan tanpa gelar jabatan.
23. Would a degree in business administration help a CIO? Explain.
Ya, CIO dapat memposisikan layanan informasi sebagai elemen yang penting di dalam struktur organisasi perusahaan dengan melakukan:
· Menghabiskan waktu untuk bisnis dan melakukan pelatihan bisnis, untuk mempelajari bisnis itu sendiri.
· Secara aktif menjalin kemitraan dengan unit bisnis dan lini manajemen
· Memfokuskan pada peningkatan proses bisnis
· Menjelaskan biaya-biaya SI dalam istilah bisnis
Oleh karena itu, gelar di bidang administrasi bisnis akan membantu CIO.
24. What are the two basic elements that should be included in a strategic plan for information resources ?
Dua elemen kunci pada rencana strategis untuk sumber daya informasi adalah identifikasi tujuan dan sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha untuk memenuhi tujuan.
Sumber : (CHAPTER II - INFORMATION SYSTEM FOR COMPETITIVE ADVANTAGE) : “Management Information System" oleh Raymond McLeod, Jr. George P. Schell
Comments
Post a Comment