Skip to main content

Bisri Mustova: Si Parampaa yang Mem-Parampaa


Netsains.com - Pengguna Twitter yang cukup aktif, pasti pernah sengaja atau tidak menemukan avatar salah satu temannya dalam bentuk karakter kartun bulat hijau. Bukan, itu bukan tabung gas 3 kilogram yang hobi meledak, melainkan karakter Parampaa. Waduh, apalagi itu Parampaa? Zaman sudah ada Om Google, kelewatan deh kalau cuma menjawab pertanyaan itu saja tidak bisa. Ya, silakan saja buka Parampaa.net, sebab itulah jawaban yang akan diberikan Om Google.
Kalau sudah sampai di web itu, silakan garuk-garuk kepala. Tampilannya lucu, menarik, full grafis. Tapi jangan harap kamu akan ketawa, sebab begitu mengikuti kuisnya, lama-lama bete sendiri. Itulah yang dialami banyak teman yang coba iseng memainkan kuis Parampaa. Lucu, nggemesin, melatih otak, agak ngerjain, namun lumayan kreatif.
Sebenarnya Parampaa sendiri ada versi lucunya, yaitu webcomic di www.masova.com. Web itu punya nama sama dengan si pembuatnya, Masova, nama populer dari Bisri Musova. Siapa sih pencipta tokoh gundul hijau yang mem-Parampaa-kan pengguna Twitter ini? Berikut adalah bincang-bincang Netsains.com dengan lelaki kelahiran Rembang, 27 Agustus 1984 yang juga founder Terapi Design ini.
NS: Sejak kapan menciptakan tokoh Parampaa? Idenya dari mana?
Masova: Sejak 2008. Itu awalnya adalah emoticons / smiley kerjaan iseng karena saya bosan dengan emot2 kuning yang beredar di ranah maya. Karena sepertinya jarang desainer emot yang memakai warna ijo, maka emot bikinan saya itu pun saya kasih warna seperti itu.
NS: Soal nama Parampaa sendiri, asal usulnya darimana? Apa ada makna khusus? dan kenapa warnanya ijo?
Masova: Ketika sedang mengerjakan variasi emot-emot itu, keponakan saya yang waktu itu berumur 2 tahun memanggil-manggil saya. Dia masih cadel, dan mengucapkan ‘Masova’ sebagai ‘Mampaa’.Dari kata Maampa itulah kemudian saya ulik lagi menjadi Parampaa.
Emoticon Parampaa bisa dilihat di http://tinyurl.com/parampaa.
NS: Memang suka nggambar dari kecil kah? Lalu gimana ceritanya bisa terjun ke dunia desain?
Masova: Benar sekali. Bakat melukis dari Abah menurun ke saya. Sejak kecil sudah coret-coret kertas, tembok dan apa saja. Dari SD suka dikirim kalau ada lomba melukis. Kemudian, pergaulan saya waktu kecil juga bersama para artist (pelukis, ilustrator, kaligrafer, tipografer). Dari situ, desain kemudian menjadi minat utama saya.
NS: Ada pendidikan formail desain yg diambil? Dimana? Atau hanya belajar otodidak?
Masova: Di Modern School of Design, Jogja. Tapi tentu saja, di luar itu saya masih belajar otodidak sampai sekarang lewat diskusi dengan teman, lewat buku atau dari artikel-artikel di internet.
NS: Mengenai Parampaa.net, bisa tolong diceritakan sedikit sejarahnya? Idenya, siapa aja yang ikutan mendirikan, dan apa tujuannya?
Masova: Waktu itu game Quiz Parampaa masih saya taruh di blog saya (www.mustova.com); kemudian tanpa terduga; pengunjung membludak dan blog saya kena limit ~tidak bisa diakses! Saya kemudian beli hostingan sendiri untuk menaruh game itu. Jadilah Parampaa.net!! Tujuannya hanya untuk have fun aja, buat seneng-seneng. Ah, ya. Dan saya mendirikan dan membangun Parampaa.net sendirian.
NS: Kuis di Parampaa nggemesin banget, ide2nya dari mana aja?
Masova:Inspirasi awal adalah game serupa berjudul The Impossible Quiz bikinan Glenn Rhodes. Kemudian saya kembangkan soal-soalnya dari buku-buku dan nyari-nyari di Google. Hahag.
NS: Soal hebohnya ikon terParampaa di Twitter, gimana komentar kamu?
Masova: Gilak! Saya engga menyangka antusiasme tweeps sebegitu besarnya; sampai rela dan senang hati mengganti avatar mereka dengan basic Parampaa. Yang bikin saya shock sekaligus hepi adalah fakta bahwa ‘gerakan terParampaa’ itu bukan saya yang memulai; semua dari temen-temen dekat saya; yang kemudian menyebar ke tweeps lain. Saya bahkan tidak membuatkan avatar; jadi mereka ngedit-edit dan mengutak-atik sendiri. Awesome!
NS: Apa sih resep sukses menciptakan suatu tokoh kartun? Maksudnya apa aja yg harus dilakukan seorang kartunis kalo tokoh ciptaannya mau terkenal?
Masova: Aduh, saya bukan kartunis yang ciptaannya terkenal. Menurut saya; kartun itu simpel. Sederhana. Hampir semua orang menyukai kesederhanaan, sesuatu yang minimalis dan praktis. Kemudian ciri khas, sesuatu yang unik dan berbeda ~yang bisa bikin karakter itu melekat. Dalam kasus saya, ciri khas Parampaa adalah bulet warna hijau dan cengirannya.
NS: Parampaa.net sendiri apakah memang sudah komersial dan profit? Jika belum, apa ada tujuan ke arah itu?
Masova: Website Parampaa.net sampai detik ini belum jadi komersil. Saya engga money-oriented, engga nyari-nyari iklan. Tapi jika ada yang ingin mendonasikan sesuatu untuk parampaa, tentu saya dengan senang hati akan menerima. Heuhehehe.
NS: Ceritain dong sekarang kesibukan kamu apa aja selain mengelola Parampaa?
Masova: Saat ini saya hanya seorang freelance designer biasa. Jika lagi suntuk suka main-main di studio musik dengan teman-teman. Kalau banyak waktu luang, jalan-jalan ke mana gitu. Selebihnya sama seperti orang lain, bergaul, belajar, baca buku, dsb.
NS: Apa cita2 atau obsesi kamu di masa depan? Parampaa jadi mengglobal atau gimana?
Masova: Iya, itu salah satu obsesi saya. Tidak hanya di internet, saya ingin Parampaa dikenal luas dan jadi milik semua orang. Saat ini saya lagi memikirkan untuk mengembangkan merchandising Parampaa, doakan saja semoga bisa cepat terealisasi.
NS: Saat ini banyak webcomic buatan anak Indonesia, tapi kurang bisa eksis atau konsisten, ada ngga advis dari kamu agar bisa eksis kayak parampaa :) ?
Masova: Aduh, apa sih ‘eksis’ itu? Maksudnya bisa dikenal gitu yah? Sampai sekarang, saya masih belum merasa eksis dan dikenal di dunia perkomikan lhoo. Anyway, hal ini jadi advis buat diri sendiri : terus berkarya! Secara konsisten, bikin karya kita. Awalnya mungkin susah dan masih mencari-cari formula yang tepat. Tapi lama-lama pasti akan nemu style sendiri. Tidak hanya itu, kita musti belajar dan mengembangkan karya kita biar tidak stuck di zona aman. Cari tantangan dengan pelan-pelan merambah ‘dunia’ lain.

Comments

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c