Skip to main content

Animasi Indonesia


Ada banyak hal sebenarnya untuk membuat kita semakin kreatif. Namun, semakin hari, semakin saya memikirkan tentang perkembangan industri kreatif di Indonesia ini. Salah satu yang membuat saya penasaran dan penuh tanda tanya selama ini adalah tentang dunia animasi. Karena mulai dari Indonesia merdeka sampai saat ini, saya belum menemukan animator-animator ulung yang mampu mengangkat dan mengharumkan nama Indonesia. Banyak proyek indie yang mereka lakukan, namun hanya sekedar mempraktekkan dan berkreasi tapi tidak memikirkan bahwa ini adalah industri yang sangat profit dan penuh perhitungan.

Saya masih ingat dulu waktu masih bau kencur menyandang status mahasiswa, ada Festival Animasi Nasional, yang waktu itu diadakan di Universitas Negeri Malang. Saya sangat bangga dan salut atas terselenggaranya even tersebut. Namun, umur demi umur, eh lha kok nggak ada kabar rimbanya lagi.






"orang kreatif adalah orang yang out of the box, kalau masih menunggu tangan pemerintah, kapan kita keluar dari kotaknya?"






Memang, kendala yang sangat umum saat ini adalah masalah dana. Selain itu, ternyata pemerintah kita juga kurang mendukung adanya program-program kreatif yang murni hasil karya anak negeri. Padahal dukungan itu sangat dibutuhkan untuk menstimulasi kreatifitas yang lebih baik. Begini saja, lupakan tentang dana dan dukungan pemerintah. Saat ini, yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana hasil karya anak negeri mampu menjadikan karya yang membanggakan bagi negeri ini. Mungkin, saat ini pemerintah belum bisa menerima proposal proyek kreatif karena belum ada bukti. Bisa jadi ini alasan utama mereka yang sehingga untuk dukungan materi pun kurang begitu dipedulikan. Yah…kita harus mengakui kelemahan negeri ini. Namun, sekali lagi, ayo tunjukkan bahwa kita semua, anak negeri yang kreatif, harus tetap menjadikan diri kita orang yang kreatif. Tak usah menunggu, dana atau dukungan pemerintah.

Sebagai pembanding, akhir-akhir ini saya sering mencari info dan mengikuti perkembangan animasi di negera tetangga kita. Sebut saja Malaysia, Thailand dan India. Berikut hasil penelusuran saya:




Animasi Malaysia

Upin dan Ipin (Les’ Copaque Production)

Geng (Les’ Copaque Production)

Kedua film animasi tersebut memang berasal dari satu produksi, jadi tak heran bila karakter serta gaya cerita juga hampir sama. Sebut saja Upin & Ipin, yang beralatar anak melayu yang sangat lucu dan jail. Karena kelucuan mereka, suasana tiap episode cerita semakin menarik. Sedangkan Geng adalah peranakan dari Upin & Ipin, pasalnya mereka masih ikut dalam alur cerita Geng, hanya ada beberapa tambahan saja yang membuat Geng beda. Kalau, Upin & Ipin berlatar cerita Islami, namun Geng lebih bervariasi karena ada banyak etnis di sana.

Menurut kabar, film animasi buatan Malaysia ini memang disponsori oleh pemerintah, jadi mereka lebih kuat dalam dana sehingga stimulus kreatifitas yang lebih mampu didapat. Mungkin ini adalah pelajaran bagi kita semua serta pemerintah Indonesia tercinta ini. Betul, gan?



Animasi India

Sultan the Warriors (Rajinikanth Animation)

Bal Ganesh (Shemaroo Entertainment)



Film Sultan the Warriors memang masih terdengar baru, namun siapa sangka bahwa India yang dulunya dikenal lebih miskin daripada Indonesia mampu membuat gebrakan yang membuat kita geleng-geleng. Apalagi dalam film animasi tersebut didukung oleh komposer musik ternama, AR Rahman, yang telah memenangi dua kategori piala Academy Award (Oscar) 2009 dengan kreatifitas soundtrack-nya di film Slumdog Millioner yang juga memenangi beberapa penghargaan internasional.

Film Sultan the Warriors sendiri berlatar tentang kerajaan Islam di India. Sedangkan Bal Ganesh sudah tentu berlatar Hindu, karena film ini menceritakan tentang Ganesha (si Dewa Gajah). Kedua film animasi ini beda rumah produksi, jadi karakter dan gaya maupun pesan yang disampaikan juga berbeda. Namun, bila dibandingkan dengan animasi Malaysia, mereka kalah dalam teknik animasi 3D, namun dalam soundtrack, India jagonya.



Animasi Thailand

Khan Kluay (Kantana Animation)

Nak (Sahamongko Film International)



Negeri Gajah Putih ini juga mempunyai animasi yang nggak kalah menarik. Khan Kluay bercerita tentang hewan suci atau hewan khas masyarakat Thailand, yakni gajah (seharusnya gajah Lampung juga bisa yak...Hiks!). Ber-setting kerajaan kuno Thailand, gajah tersebut muncul sebagai pahlawan dalam perebutan kekuasaan. Animator Thailand ini mengemas apik semua karakter maupun cerita.

Beda lagi dengan Nak, film animasi yang bercerita tentang makhluk halus serta manusia yang mempunyai kekuatan magis, seperti Fantastic Four. Setting film ini masih mengandalkan misteri dan horor. Menurut saya, animasi ini masih biasa dibanding dengan animasi-animasi yang lain.




Animasi Indonesia

Sing to the Dawn (Infinite Framework)

Luk Songo (mattanee.blogspot.com)



Saya bangga menjadi orang Indonesia yang tak mau kalah dengan negara lain, terutama dalam film animasi. Sing to the Dawn merupakan film animasi pertama yang dipublikasikan dan dikomersialkan, namun menurut kabar bukan asli seratus persen orang Indonesia yang membuat, karena ada beberapa animator asing yang ikut terlibat di dalamnya, sebut saja animator asal negeri Singapura. Maklum, rumah produksi Sing to the Dawn berada di Batam, tapi berpusat di Singapura.

Karakter pada film ini Asia banget, Indonesia banget. Landscape yang ditampilkan pun sangat apik, namun masih kalah dengan teknik dari Les’ Copaque. Kalau dengan animasi India, Indonesia masih lebih baik.

Luk Songo, film animasi asli garapan anak lokal, anak negeri, asal Surabaya, namanya Jacky (baca: Zaki) dan Kurniawan. Saya salut dengan film ini, meski awal-awalnya agak kaku dan bukan seperti animasi 3D, namun perkembangannya sungguh bagus. Dari beberapa episode, peningkatan karakter dan teknik semakin ciamik. Ini adalah salah satu animasi indie yang terdeteksi. Mungkin masih banyak animator-animator indie yang lain yang mempunyai karya (terus cari yak…)
Film Luk Songo bercerita tentang masa-masa kerajaan Islam di pulau Jawa, lebih mirip sama karakter Wali Songo, namun kesan bukan walisongo. Saya sangat bangga banget dengan film animasi ini, karena karakter lokal mampu ditampilkan dengan ciamik.

Semua yang telah saya uraikan di atas merupakan buah pikir selama beberapa bulan ini, karena saya turut bangga dan harus terlibat terus dalam mempromosikan Indonesia di mata Internasional. Harapan saya, kepada para animator yang ada di penjuru nusantara ini, tunjukkan karya kalian, jangan hanya memikirkan tentang profitnya, namun promo dan gaungnya yang penting. Nggak usah menunggu dana (materi) dan dukungan dari pemerintah, karena orang kreatif tak mengenal itu. Orang kreatif adalah orang yang out of the box, kalau masih menunggu tangan pemerintah, kapan kita keluar dari kotaknya? Semoga, dengan artikel ini, pemerintah kita sadar bahwa karya anak negeri patut diapresiasi. Setuju? Bungkus…[]

15 komentar:


anak semeru mengatakan...
Impian saya adalah menjadi conceptor animation. ada banyak ide di kepala ini.namun apa jua belum kesampaian. ada yang bisa bantu? hehehe....
MARTHOCENDOL mengatakan...
Gua sangat bangga sekalee eh ternyata indonesia juga bisa bikin animasi gak melulu film horor byhamparanpasirsemeru
anak semeru mengatakan...
matur nuhun mz cendol...iya neh film indo harus lbih beragam lg jgn hnya komedi,horor n cinta...bener to...ayo majukan terus animasi indonesia
farizghazali mengatakan...
salam saya ucapkan. rasanya artikel ini bagus dan bernada positif. namun bunyi keseluruhannya agak sama dengan apa yang pernah saya terbaca, atau dengar disini. (Oh ya. saya pengkarya dan pengiat seni animasi 3D dari malaysia)Kami juga bagai belum puas hati hanya dengan kejayaan satu movie 3D tempatan. Kami mahu lebih dan banyak yang mahukan lebih ini menunggu bantuan kerajaan.Bukan dari segi kewangan tetapi dari segi promosi, anjuran exhibition dan festival. Yang terpenting: saya rasakan kata-kata penulis perlu diberi perhatian. semoga kita sama-sama berjaya. "orang kreatif adalah orang yang out of the box, kalau masih menunggu tangan pemerintah, kapan kita keluar dari kotaknya?"
anak semeru mengatakan...
@farizghazali: terima kasih makcik...ternyata rukun juga yah sama orang Indonesia hehehe... bener bang...kalo qt nunggu dari pemerintah, kpn bs majunya? oia, makcik mang baca tulisan saya yg hampir sm dg artikel laen dmn yak...??? thx.
Jacky a.k.a Mattanee mengatakan...
terima kasih atas dimuatnya animasi kami (zaki n kurniawan) pada blog anda saya, jacky mattanee a.k.a Zaki mewakili kurniawan secara terbuka mengundang anda ke blog saya (mattane.blogspot.com), disana anda dapat membaca sedikit artikel ttg behind the scene dari luk songo. baik secara konsep maupun artworknya terima kasih salam
anak semeru mengatakan...
@mz jacky:what! mz jacky mmpir k blogq...hehehe...jd bangga deh...palagi pas mosting ttg animasinya...sukses ya cak...
re5ist mengatakan...
wuaah mas trima kasih banyak, luk songo dah dijadiin bahan di blog sodara... meski sbnarnya bnyak juga film animasi di Indonesia yang berkibar saatnya mlawan arus untuk kluar dari "kotaknya"... re5ist (kurniawan) re5ist.blogspot.com
anak semeru mengatakan...
@ mz wawan: makasih jg mz dah mampir...sukses u/ animasinya dg maz jacky...berkibarlah slalu animasi INDONESIA!
fajar mengatakan...
wah seruuu banget ya animasi dari anak bangsa..... jadi terinspirasi nih.. mungkin perlu adanya lomba animasi skala nasional ya? biar animator indie yang masih tersembunyi di jagad indonesia ini pada mau keluar dari marksnya,,,hehhehehe...maju terus animasi indonesia ...chau
anak semeru mengatakan...
@ fajar:siap boz!animasi Indonesia hars maju! mz fajar animator juga yak...kalo ntar punya pilem animasi...hubungi aq ya...biar aq posting....heheheh
misterdi mengatakan...
Mungkin sekedar tambahan info, Film "Sing to The Dawn" telah disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia dan process ini dikerjakan olah Kalyana Shira Film. Judul film ini di Indonesia adalah "Meraih Mimpi" dengan pengisi suara antara lain Gita Gutawa, Surya Saputra dan teman-teman. Dan sebagai hasilnya, menurut data yang ada, harusnya film ini dapat dinikmati di jaring bioskop 21 dan Blitz mulai tanggal 10 September 2009 mendatang. Salam,
anak semeru mengatakan...
@misterdi: terima kasih atas infonya, memang tidak saya masukkan info terbaru tersebut, mengingat "Sing to The Dawn" sudah terlebih dahlu muncul meski sudh dialihbahasakan ke bhs Indonesia.
videoklip mengatakan...
Pengen tahu.. apakah Luk Songo bisa saya bawa ke ANIMAFEST? Mas wawan gimana? bisa? Thank you.
anak semeru mengatakan...
@ videoklip: thx dah berkunjung k blog saya. mengenai mengikutsertakan Luk SOngo ke ANIFEST...silakan kontak kpada yg bersangkutan dg alamat http://mattane.blogspot.com (an. Jacky) dan http://re5ist.blogspot.com (an. kurniawan) mungkin itu saja info dari saya...terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c