Skip to main content

Metode Penelitian Ilmiah (Pengertian, karekteristik, langkah, contoh format))



Metode ilmiah suatu cara yang ditempuh oleh ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dalam melakukan penelitian (baik penelitian ilmu sosial, ekonomi, IPA dsb) perlu dilakukan langkah-langkah metode ilmiah. Langkah-langkah metode ilmiah perlu dilakukan karena penelitian tersebut bersifat ilmiah, dan harus bisa tersusun secara sistematis, objektif, dan terfokus pada bahasan penelitian.
A.  Apa Itu Metode Ilmiah
Metode ilmiah adalah cara memperoleh pengetahuan melalui percobaan. Hal ini dirancang untuk membatalkan bias manusia yang standar dalam penalaran dengan mendorong reproduktifitas, dan cross-checking. Para ilmuwan membentuk hipotesis, atau dugaan, tentang aspek dunia, kemudian mengujinya melaui langkah-langkah metode ilmiah salah satunya dalam bentuk percobaan. Percobaan ini harus mudah direproduksi, sehingga para ilmuwan lain dapat men cross-check data. Setelah pengujian menyeluruh, hipotesis dapat didukung atau bertentangan dengan data.
Ketika tubuh hipotesis pelengkap terbukti benar, metode dapat diintegrasikan ke dalam semacam "meta-hipotesis" disebut teori.Teori-teori tidak pernah dapat dibuktikan mutlak benar, dan menurut para ilmuwan, tidak bisa. Di sinilah para ilmuwan bertentangan dengan teis dan spiritualis, yang percaya bahwa melalui doa atau meditasi orang dapat mengakses kebenaran mutlak. Menurut metode ilmiah, teori tidak ada yang suci, dan bahkan jika ribuan eksperimen mendukungnya, kita masih bisa membuktikannya salah.
Jika teori ini sangat baik dan dapat dikonfirmasikan selama periode waktu yang panjang dan diambil untuk diberikan di antara sebagian besar masyarakat ilmiah, ia memperoleh status hukum alam atau hukum fisik. Hukum-hukum fisika, seperti "gravitasi membuat semuanya jatuh" adalah tentang sebagian cara berdekat dengan kepastian yang mutlak bahwa kita dapat memperoleh tinjauan tentang alam semesta. Sebagai teori, teori-teori empiris terutama padat, membuat prediksi kuantitatif rinci tentang fenomena di mana langkah-langkah metode ilmiah berusaha untuk menjelaskannya.Sehingga, bisa cukup mudah untuk membantah suatu langkah-langkah metode ilmiah jika metode tersebut tidak memiliki daya prediktif.
Metode ilmiah berusia lebih dari seribu tahun, dbermula kembali ke karya Ibn al-Haytham (965-1039). Al-Haytham adalah seorang pelopor langkah-langkah metode ilmiah sejati, sehingga beliau terkadang disebut sebagai "ilmuwan pertama," yang menemukan metode ilmiah dan memberikan kontribusi signifikan terhadap lebih dari selusin bidang ilmiah, terutama optik.
Metode ilmiah tidak tepat didefinisikan, tetapi hampir semua ilmuwan setuju bahwa langkah-langkah metode ilmiah melibatkan iterasi dari empat langkah berikut: Karakterisasi (observasi dan definisi), hipotesis, prediksi, dan eksperimen untuk menguji semua bagian sebelumnya dari urutan. Metode ilmiah bukan resep ketat, tetapi teknik cair atau fluid untuk mengungkap kebenaran.

B.  Karakteristik Metode Ilmiah

Dan Karakteristik Metode Ilmiah diantaranya :

1. Karya Ilmiah Harus Berdasarkan Fakt
a
Ya.menulis karya ilmiah harus berdasarkan fakta, bukan hasil imajinasi atau semacammnya . dan fakta” itu berupa data empiris yang harus dapat diukur dan dianalisis lebih lanjud .
2. Karya Ilmiah Harus Berdasarkan Pertimbangan Objektif
pertimbangan objektif didasarkan pada pertimbangan apa adanya bukan bsifat subyektif, bebas dari prasangka dan kira”.
3. Karya Ilmiah Harus Menggunakan Asas Analisis
Maksudnya, karya ilmiah itu harus dapat dianalisis (diuraikan, dibandingkan, diinterpretasikan). yang artinya karya ilmiah harus dapat menggambarkan karakteristik , fungsi dan kaitan pmasalahan satu dg lainnya.
4. Karya Ilmiah Harus Bersifat Kuantitatif – Kualitatif
Pendekatan ilmiah beda dengan pendekatan alamiah. kalo pendekatan ilmiah itu sifatnya kuantitatif tapi kalo pendekatan alamiah itu sifatnya kualitatif.
5. Karya Ilmiah Menggunakan Logika Deduktif – Hipotetik
Logika deduktif adalah penalaran yg bertitik tolak dan hal-hal yg sifatnya umum yg sudah memiliki kebenaran yg pasti baik dr hasil penelitian para pakar ato dr yg lainnya.
Kebenaran hipotesis harus dibuktikan secara empiris melalui penelitian lapangan maka disebut bahwa karya ilmiah tersebut sesuai logika deduktif-hipotetik
6. Karya Ilmiah Harus Menggunakan Logika Induktif Generalisasi
Kebenaran hipotesis bersifat rasional, oleh karenanya bersifat sementara . Untuk memperoleh kebenaran ilmiah masih harus dibuktikan dengan data empiris hasil penelitian .ksimpulan dr data empiris bsifat generalisasi. sdangkan kesesuaian data empiris dengan pemikiran rasional hipotesis disebut asas korespondensi. kesimpulan yg bersifat generalisasi dr data empiris disebut logika induktif yg kebenrannya bersifat probabilistik.
C.  Masalah Penelitian
Masalah penelitian adalah alasan utama mengapa penelitian harusdilakukan.Oleh karena itu masalah penelitian harus objective, dan harus dibuktikan secara logis dan validbahwa masalah itu benar-benar masalah.Supaya logis dan valid, perlu dilakukan identifikasi masalah, dengan cara penelitian dengan:
§  Studi Lapangan (Field Study) melalui data real obyek penelitian,
§  Studi Literatur (Literature study) melalui paper di journal, dsb

D.  Pentingnya Masalah Penelitian
Kualitas penelitian ditentukan oleh kualitas“masalah“ yang diteliti, bukan karena ketinggianteknologi yang digunakan. Untuk mencapai originalitas dalam penelitian,  masalah penelitian bisa dengan dua cara:
·         Obyek penelitian orisinal alias belum pernah diteliti orang lain (orisinalitas di hasil)
·         Obyek penelitian tidak orisinal (sudah diteliti oleh orang lain), tapi kita menggunakan teknik lain untuk memecahkan masalah (orisinalitas di metode)

E.   Bentuk Masalah Penelitian
Bentuk masalah penelitian bisa dinyatakandalam bentuk kalimat pernyataan, kalimat pertanyaan, atau kalimat tujuan.
Ø  Kalimat Pernyataan (problem statements)
Ø  Kalimat Tanya (research questions)
Ø  Kalimat Tujuan (research objectives)

F.   Syarat Masalah Penelitian
ü  Menarik: Memotivasi kita untuk melakukanpenelitian dengan serius
ü  Bermanfaat: Manfaat bagi masyarakat dalamskala besar maupun kecil (kampus, sekolah, kelurahan, dsb)
ü  Hal Yang Baru: Solusi baru yang lebih efektif,murah, cepat, dsb bila dikomparasi dengansolusi lain. Bisa juga merupakan perbaikan darisistem dan mekanisme kerja yang sudah ada
ü  Dapat Diuji (Diukur): Masalah penelitian besertavariabel-variablenya harus merupakan sesuatuyang bisa diuji dan diukur secara empiris. Untukpenelitian korelasi, korelasi antara beberapavariabel yang kita teliti juga harus diuji secarailmiah dengan beberapa parameter.
ü  Dapat Dilaksanakan: Khususnya berkaitan eratdengan keahlian, ketersediaan data, kecukupanwaktu dan dana. Hindari research impossible !
ü  Merupakan Masalah Yang Penting: Janganmelakukan penelitian terhadap suatu masalahyang tidak penting
ü  Tidak Melanggar Etika: Penelitian harusdilakukan dengan kejujuran metodologi, prosedur harus dijelaskan kepada obyek penelitian, tidak melanggar privacy, publikasiharus dengan persetujuan obyek penelitian,tidak boleh melakukan penipuan dalampengambilan data maupun pengolahan data
ü  Pernyataan umum (general) hasil penelitian
ü  Ringkasan dari temuan-temuan yang didapatdari analisa hasil penelitian

G.  Langkah-Langkah

Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut:
1. Perumusan masalah

Perumusan masalah adalah langkah awal dalam melakukan kerja ilmiah.Masalah adalah kesulitan yang dihadapi yang memerlukan penyelesaiannya atau pemecahannya.Masalah penelitian dapat di ambil dari masalah yang ditemukan di lingkungan sekitar kita, baik benda mati maupun makhluk hidup.Misalnya, saat kamu berada di pantai dan mengamati ombak di lautan.Pada saat itu di pikiranmu mungkin timbul pertanyaan, mengapa terjadi ombak? Atau, bagaimanakah cara terjadinya ombak?
Untuk dapat merumuskan permasalahan dengan tepat, maka perlu melakukan identifikasi masalah.Agar permasalahan dapat diteliti dengan seksama, maka perlu dibatasi.Pembatasan diperlukan agar kita dapat fokus dalam menyelesaikan penelitian kita.

Hal-hal yang harus diperhatikan di dalam merumuskan masalah, antara lain sebagai berikut :
a. Masalah hendaknya dapat dinyatakan dalam bentuk kalimat Tanya.
b. Rumusan masalah hendaknya singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. Rumusan masalah yang terlalu panjang akan sulit dipahami dan akan menyimpang dari pokok permasalahan.
c. Rumusan masalah hendaknya merupakan masalah yang kemungkinan dapat dicari cara pemecahannya. Permasalahan mengapa benda bergerak dapat dicari jawabannya dibandingkan permasalahn apakah dosa dapat diukur.

2.
Perumusan hipotesis

Ketika kita mengajukan atau merumuskan pertanyaan penelitian, maka sebenarnya pada saat itu jawabanya sudah ada dalam pikiran. Jawaban tersebut memang masih meragukan dan bersifat sementara, akan tetapi jawaban tersebut dapat digunakan untuk mengarahkan kita untuk mencari jawaban yang sebenarnya. Pernyataan yang dirumuskan sebagai jawaban sementara terhadap pertanyaan penelitian disebut sebagai hipotesis penelitian.Hipotesisi penelitian dapat juga dikatakan sebagai dugaan yang merupakan jawaban sementara terhadap masalah sebelum dibuktikan kebenarannya.Oleh karena berupa dugaan maka hipotesis yang kita buat mungkin saja salah.Ileh karena itu, kita harus melakukan sebuah percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis yang sudah kita buat

3.
Perancanganpenelitian

Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu harus dipersiapkan rancangan penelitiannya.Rancangan penelitian ini berisi tentang rencana atau hal-hal yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah penelitian selesai.Metode penelitian, alat dan bahan yang diperlukan dalam penelitian juga harus disiapkan dalam rancangan penelitian.
Penelitian yang kita lakukan dapat berupa penelitian deskriptif maupun penelitian eksperimental.Penelitian deskripsi merupakan penelitian yang memberikan gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta dan sifat-sipat objek yang diselidiki.Contoh dari penelitian deskriptif, misalnya penelitian untuk mengetahui populasi hewan komodo yang hidup di Pulau komodo pada tahun 2008.

Adapun penelitian eksperimental merupakan penelitian yang menggunakan kelompok pembanding.Contoh penelitian eksperimental, misalnya penelitian tentang perbedaan pertumbuhan tanaman di tempat yang terkena matahari dengan pertumbuhan tanaman di tempat yang gelap.

Selain rancangan penelitian, terdapat beberapa faktor lain yang juga harus diperhatikan. Faktor pertama adalah variabel penelitian, sedangkan yang kedua adalah populasi dan sampel.Variabel merupakan faktor yang mempengaruhi hasil penelitian. Populasi merupakan kumpulan/himpunan dari semua objek yang akan diamati ketika melakukan penelitian, sedangkan sampel merupakan himpunan bagian dari populasi.

Di dalam penelitian, variabel dapat dibedakan menjadi :
a. Variabel bebas yaitu variabel yang sengaja mengalami perlakuan atau sengaja diubah dan dapat menentukan variabel lainnya (variabel terikat)
b. Variabel terikat yaitu variabel yang mengalami perubahan dengan pola teratur (dipengaruhioleh variabel bebas)
c. Variabel control yaitu variabel yang digunakan sebagai pembanding dan tidak mengalami perlakuan atau tidak diubah-ubah selama penelitian.

4.
Pelaksanaanpenelitian

Langkah langkah pelaksanaan penelitian adalah sebagai berikut :
a. Persiapan penelitian biasanya diwujudkan dalam pembuatan rancangan penelitian.Alat, bahan, tempat, waktu dan teknik pengumpulan data juga harus dipersiapkan dengan baik.
b. Pelaksanaan
:

1. Pengumpulan/pengambilan data

a) Data kualitatif merupakan data yang diperoleh dari hasil pengamatan dengan menggunakan alat indra, seperti indra penglihatan (mata), indra penciuman (hidung), indra pengecap (lidah), indra pendengaran (telinga), dan indra peraba (kulit). Contohnya adalah ketika kita melakukan pengamatan buah mangga maka data kualitatif yang dapat kita peroleh adalah mengenai rasa buah, warna kulit, dan daging buah, serta wangi atau aroma buah.

b) Data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari hasil pengukuran sehingga akan diperoleh data berupa angka-angka. Contohnya adalah data mengnai berat buah mangga,ketebalan daging buah, diameter buah mangga.

2. Pengolahan data, setelah data-data yang kita perlukan berhasil dikumpulkan maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pengolahan atau analisis data. Data yang kita peroleh dapat ditulis atau kita nyatakan dalam beberapa bentuk, seperti table, grafik dan diagram.

3.Menarik kesimpulan, setelah pengolahan data melalui analisis selesai dilakukan maka kita dapat mengetahui apakah hipotesis yang kita buat sesuai dengan hasil penelitian atau mungkin juga tidak sesuai. Selanjutnya kita dapat mengambil kesimpilan dari penelitian yang telah kita lakukan.Kesimpulan yang kita peroleh dari hasil penelitian dapat mendukung hipotesis yang kita buat, tetapi kesimpulan yang kita ambil harus dapat menjawab permasalahan yang melatarbelakangi penelitian.

 

5. Pelaporan penelitian

Sistematika penyusunan laporan penelitian
a. Pendahuluan, bagian pendahuluan merupakan bagian awal dari laporan hasil penelitian dan berisi tentang latar belakang dilaksanakannya penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan hipotesis
b. Telaah kepustakaan/kajian teori, bagian kajian teori merupakan bagian yang berisi tentang hasil telaah yang dilakukan oleh peneliti terhadap teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.
c. Metode penelitian, berisi segala sesuatu yang dilakukan oleh peneliti mulai dari persiapan, pelaksanaan dan akhir dari sebuah penelitian. Bagian metode penelitian berisi tentang teknik pengambilan data, cara atau teknik pengolahan data, populasi dan sampel, alat, bahan, tempat dan waktu penelitian.
d. Hasil dan pembahasan penelitian, berisi tentang data hasil penelitian yang berhasil dikumpulkan selama penelitian. Data yang diperoleh disampaikan dalam bentuk grafik, tabel , atau diagram.
e. Kesimpulan dan saran, berisi tentang kesimpulan yang dihasilkan merupakan jawaban terhadp hipotesis yang sudah diuji kebenarannya. Saran dari peneliti kepada pihak lain, yaitu pembaca dan bagi peneliti lainnya untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.

H.  Contoh Kerangka Penulisan Karya Ilmiah                  

Berhubung terbatasnya tempat dan lain sebagainya, kali ini kita akan melihat kelengkapan kerangka penulisan karya ilmiah berdasaran hasil penelitian kuantitatif lebih dulu. Mengapa hasil penelitian kuantitatif? Karena kebanyakan dari mahasiswa S1 yang akan menyusun skripsi, idealnya, mereka menggunakan penelitian kuantitatif dari pada jenis penelitian lainnya.
Halaman Sampul
Lembar Logo
Halaman Judul
Lembar Persetujuan
1)    Lembar Persetujuan dari Pembimbing
Skripsi
2)    Lembar Persetujuan Sekaligus Pengesahan Skripsi
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar
Gambar
Daftar Lampiran
BAB I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.    Rumusan Masalah
C.   
Tujuan Penelitian
D.    Hipotesis Penelitian
E.    Kegunaan Penelitian Asumsi Penelitian
F.    Ruang Lingkup Dan Batasan Penelitian
G.    Definisi Istilah
BAB II     KAJIAN PUSTAKA
A. ……………………..
B. ……………………..
C. ……………………..
D. ……………………..
E. Dst.
BAB III     METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian
B.    Populasi Dan Sampel
C.    Instrumen Penelitian
D.    Pengumpulan Data
E.    Analisis Data
BAB IV     HASIL PENELITIAN
A.    Deskripsi Data
B.    Pengujian Hipotesis
BAB V     PEMBAHASAN
A. ………………………
B. ………………………
C.  ……………………..
D. ………………………
E. Dst.
BAB VI     PENUTUP
A.   
Kesimpulan
B.    Saran
Daftar Rujukan
Pernyataan Keaslian Tulisan
Lampiran
Riwayat Hidup

I.     Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Kerangka Penulisan Karya Ilmiah

Meskipun Anda telah mengetahui garis-garis besar kerangka ilmiah, sepertinya hal-hal berikut tetap sayang untuk Anda lewatkan….
  1. Halaman sampul. Di halamana sampul, dicantumkan judul skripsi lengkap, kata skripsi,nama dan nomor induk mahasiswa, logo perguruan tinggi, dan diikuti dengan nama lengkap perguruan tinggi, jurusan atau program studi dan waktu (bulan-tahun) lulus ujian.
  2. Halaman judul. Halaman judul terdiri dari dua lembar. Lembar pertama adalah halaman yang format dan isinya sama dengan halaman sampul.

    Sedangkan lembar kedua adalah halaman yang berisi (1) judul skripsi lengkap, (2) text yang bertuliskan Skripsi diajukan kepada
    Universitas ……….. untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program Sarjana….., (3) nama dan nomor induk mahasiswa, (4) nama lengkap perguruan tinggi dan jurusan, dan (5) bulan dan tahun lulus ujian.
  3. Lembar persetujuan. Lembar persetujuan terdiri dari dua lembar. Lembar pertama merupakan halaman persetujuan dari para pembimbing skripsi. Di sini, perlu dicantumkan (1) text yang bertuliskan Skripsi oleh….. ini telah disetujuai untuk diuji, dan (2) nama lengkap dari para pembimbing sekaligus gelar akademiknya.
  4. Daftar isi. Daftar isi memuat judul bab, judul subbab, dan judul anak subbab yang dilanjutkan dengan nomor halaman yang sesuai dengan peletakkannya dalam skripsi.
  5. Riwayat hidup. Riwayat hidup sebaiknya ditulis dengan gaya naratif dengan sudut pandang orang ketiga. Dalam riwayat hidup ini berisi nama lengkap penulis, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengaaman organsasi, dan prestasi penulis baik prestasi yang pernah di dapat selama proses perkuliahan maupun ketika masih berada di sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan atas. Untuk penulis skripsi yang sudah menikah, dapat puladicantumkan nama suami atau istri sekaligus anak-anaknya.

Comments

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c