Skip to main content

Makalah perkembangan mikrokontroller



 
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat mengerjakan makalah “Perkembangan MIkrokontroller” ini dengan baik dan lancar. Pembuatan makalah ini di susun berdasarkan berbagai sumber bacaan sebagai referensi yang di peroleh dari Internet .saya berharap makalah ini dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa-mahasiswi STIMIK CATUR SAKTI   untuk lebih giat mempelajari hakekat yang terkandung dalam Perkembangan Mikrokontroller  ini.
Saya juga meminta maaf  yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan, kesalahan bahkan kata-kata yang tidak berkenan di hati dan disisi lain saya sangat mengharapkan ada masukan baik kritik maupun saran dari saudara. Sehingga penyusun dapat memperbaiki apa yang jadi kekurangan saya..
Akhir kata saya mengharapkan makalah ini banyak manfaatnya bagi kami sendiri khususnya maupun semua pihak pada umumnya.
Daftar Isi
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang
2.     Tujuan
BaB II PEMBAHASAN
2.1.                     Dunia Prossesor dan Mikrokontroler
2.2.                     Perkembangan Mikrokontroller
2.2.1.  Dasar2 uP
2.2.1.2  Memory Access
2.2.1.3  Memory MAP
2.2.1.4  16Bit Address
2.2.1.5  Decoder IC
2.2.2        Konfigurasi
2.2.3        Memori/IO
KESIMPULAN
PENUTUP
 BAB I PENDAHULUAN

1. Latar belakang



Peranan elektronika disegala bidang menjadi semakin besar diabad ini. Bermula dari penerapan rangkaian elektronika analog, kemudian digital dan kini hampir semua peralatan menggunakan sistem mikroprosesor , misalnya; perangkat yang dekat dengan kita, seperti handphone, televisi, , mesin cuci sampai ke instrumen ruang angkasa.
Begitu Banyak jenis mikroprosesor yang telah dibuat dengan kemampuan dan fungsi yang berbeda, te­tapi secara prinsip cara kerjanya sama. Perangkat keras dibuat menjadi semakin canggih, jutaan transistor dijejalkan didalamnya, miniatur dimensi semakin ditingkat­kan dengan kemampuan mengolah program yang lebih komplek sehingga memungkinkan kita untuk mengaplikasi di segala bidang.
Perkembangan perangkat lunak juga berkembang tak terbatas dan seakan-seakan hanya dibatasi oleh kemampuan imajinasi manusia saja. Oleh karena itu saya membuat makalah ini yang berjudul “PERKEMBANGAN MIKROKONTROLLER”

 
1.     Tujuan
ü Dengan makalah ini, KITA dapat meningkatkan pemahaman tentang teori perkembangan mikrokontroller
ü Kita dapat mengetahui dasar-dasar UP, Konfigurasi,Memori/IO  mikrokontroller
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Dunia Mikroprosesor dan Mikrokontroler 
 
 1. Mikroprosesor
Peranan elektronika disegala bidang menjadi semakin besar diabad ke dua satu ini. Bermula dari penerapan rangkaian elektronika analog, kemudian digital dan kini hampir semua peralatan menggunakan sistem mikroprosesor , misalnya; perangkat yang dekat dengan kita, seperti handphone, televisi, radiocassete, mesin cuci sampai ke instrumen ruang angkasa.
Banyak jenis mikroprosesor telah dibuat dengan kemampuan dan fungsi yang berbeda, te­tapi secara prinsip cara kerjanya sama. Perangkat keras dibuat menjadi semakin canggih, jutaan transistor dijejalkan didalamnya, miniaturisasi dimensi semakin ditingkat­kan dengan kemampuan mengolah program yang lebih komplek sehingga memungkinkan untuk aplikasi di segala bidang. Perkembangan perangkat lunak juga berkembang tak terbatas, seakan hanya dibatasi oleh kemampuan imajinasi manusia saja.
Pada mulanya mikroprosesor terdiri dari beberapa komponen chip digital yang satu sama lainnya digabungkan dalam suatu PCB dan dikoneksikan satu dengan yang lain sesuai dengan fungsi rangkaian­nya. Ide pertama membangun suatu mikroprosesor dalam suatu IC dikemukakan oleh Intel Corporation pada tahun 1969. Tahun 1971 adalah tahun pertama kali mi­kroprosesor dalam satu IC dipasarkan yaitu Intel 4004, mikroprosesor yang menggunakan teknologi PMOS 4 bit, tahun 1976 Intel meluncurkan mikrokontroler pertama yang disebut seri MCS-48 yang berisi lebih dari 17.000 transistor, hingga saat ini seri ini masih digunakan untuk aplikasi khusus. Saat ini, tahun 2005, prosesor canggih dari Intel adalah Pentium IV yang berisi jutaan transitor didalamnya dan dengan kecepatan orde gigahertz, disamping itu banyak yang membuat kompatibelnya, seperti prosesor AMD. Dunia mikrokontroler juga berkembang pesat dengan hadirnya ratusan jenis mikrokontroler dan kompatibelnya, seperti turunan dari MCS-51, 68HC11, PIC microcontroller, Fujitsu dan sebagainya.
Dalam perkembangannya, mikroprosesor dibuat menurut kebutuhan aplika­sinya yang lebih spesifik, dalam hal ini menjadi beberapa jenis, yaitu;
·        Mikoprosesor RISC (Reduced Instruction Set of Computing) dan CISC (Complex Instruction Set of Computing). Jenis ini yang digunakan untuk pengolahan informasi dengan software yang rumit dan digunakan untuk kebanyakan PC saat ini.
·        Pengolah Sinyal Digital – DSP (Digital Signal Processor). Memiliki software dan hardware yang ditujukan untuk mempermudah memproses sinyal-sinyal digital. Digunakan pada perangkat audio – video modern seperti VCD, DVD, home teatre dan juga pada card-card multimedia di komputer.
·        Mikrokontroler, adalah mikroprosesor yang dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali. Contoh aplikasi pada kendali motor, berperan seperti PLC (Programmable Logic Controller), pengaturan pengapian dan injeksi bahan bakar pada kendaraan bermotor atau alat mengukur suatu besaran, seprti suhu, tekanan, kelembaban dan lain-lain.
I2. Isi dari sebuah IC
Dalam perkembangannya yang begitu cepat, batasan-batasan tersebut menjadi kabur, seperti definisi mini, mikro dan mainframe komputer beberapa saat lalu. Beberapa mikrokontroler disebut embedded processor, atau embedded processor adalah mikrokontroler, artinya prosesor yang diberikan program khusus yang selanjutnya diaplikasikan untuk akusisi data dan kendali khusus, dan bisa diprogram ulang. Sementara itu prosesor ‘kuno’ Intel 486 juga telah digunakan untuk kendali instrumentasi dalam bentuk kemasan motherboard yang tahan terhadap lingkungan industri dan diprogram khusus untuk aplikasi kendali industri. Aplikasi DCS (Distributed Control System) yang digunakan di industri besar, juga menggunakan prosesor canggih untuk instrumentasinya., bahkan monitor dan kendali bisa dilakukan lewat internet. Beberapa mikrokontroller modern juga sudah dilengkapi dengan DSP atau mikrokontroller yang tergolong RISC.
Mempelajari mikroprosesor semacam pentium atau seri 80XXX sangat sulit, terutama bagi yang baru mempelajari mikroprosesor, karena begitu banyak fungsi dan bagian-bagian yang cukup rumit, belum lagi perkembangannya yang begitu cepat, sehingga sebelum selesai belajar produk lama, produk baru sudah muncul dengan konfigurasi yang berbeda, meskipun demikian pengetahuan dasar mikroprosesor dapat dimengerti dengan mudah dan dapat diterapkan untuk aplikasi sederhana.
Mikroprosesor adalah piranti keras yang tidak akan bisa bekerja kalau tidak ada perangkat lunak. Inilah yang membedakan mikroprosesor dengan rangkaian digital diskrit. Kemampuannya untuk diprogram, dan diprogram ulang adalah suatu kelebihan didalam sistem mikroprosesor. Contohnya dalam suatu sistem pengendali lampu lalu lintas dengan rangkaian diskrit perlu menambahkan atau merubah rangkaian bila diperlukan perubahan sistem, tetapi dengan sistem mikroprosesor, bisa dilakukan dengan hanya merubah program. Perhatikan juga bahwa PC saat ini bisa multi fungsi dengan hanya mengganti programnya saja.
Hampir semua fungsi rangkaian digital dapat diambil alih oleh suatu sistem mikroprosesor atau mikrokontroler, tetapi tidak perlu semua rangkaian digital harus dengan sistem mikroprosesor. Rangkaian yang sederhana cukup direalisasikan dengan komponen diskrit akan lebih menghemat dana, waktu dan justru bisa lebih handal. Disamping itu untuk rangkaian digital yang memerlukan kecepatan sangat tinggi, masih diperlukan rangkaian digital diskrit, sebagai contoh sederhana suatu fungsi AND gate dapat diemulasikan dengan suatu mikroprosesor dengan program tertentu, fungsi AND dengan AND gate dieksekusi dalam orde nanodetik, sedangkan dengan mikroprosesor memerlukan waktu dalam orde mikro atau milli detik. Meskipun demikian dengan makin majunya teknologi, kendala kecepatan tersebut menjadi hilang, sebagai contoh rangkaian dekoder MPEG, tadinya memerlukan card khusus dalam suatu PC (hardware), kini dapat dilakukan dengan hanya mengisntall program saja asalkan komputernya memiliki kecepatan tinggi.
Secara umum suatu sistem mikroprosesor akan memiliki kelebihan dibanding sistem diskrit atau dengan digital IC sebagai berikut;
·        Reprogrammable, artinya dapat diprogram ulang untuk mendapatkan fungsi yang berbeda
·        Rangkaian lebih terintegrasi, lebih kompak, sederhana dan tidak rumit, memudah­kan membuat PCB.
·        Fleksibel dalam pengembangannya
Selain itu perlu diperhatikan kekurangannya sebagai berikut;
·        Banyak jenis mikroprosesor dengan bahasa yang berbeda, yang mana satu sama lain kadang tidak kompatibel, sehingga menyulitkan pemakai dalam pengem­bangannya.
·        Kerusakan software berakibat sistem macet dan tidak dapat diperbaiki jika tidak diketahui kode-kodenya.
·        Ketergantungan pada pembuat software
·        Sistem mikroprosesor lebih sensitif terhadap ganguan derau dari luar.
·        Kecepatan relatif rendah.
·        Cepat usang (obsolete)
 
33. Mikrokontroler
Sebagaimana dijelaskan diatas, mikrokontroler adalah pengembangan dari mikropro­sesor untuk keperluan instrumentasi ‘sederhana’, misalnya untuk pengaturan motor, pengaturan permukaan cairan, pengukuran suhu, pH, konduktifitas, aplikasi PLC sederhana dan semacamnya. Mikrokontroler adalah suatu chip yang dibuat dengan ciri-ciri kekhasannya, biasanya adalah ;
·        Memiliki memory internal relatif sedikit.
·        Memiliki unit I/O langsung
·        Pemroses bit, selain byte
·        Memiliki perintah / program yang langsung berhubungan dengan I/O
·        Program relatif sederhana.
·        Beberapa varian memiliki memori yang tidak hilang bila catu padam didalamnya untuk me­nyimpan program
Sedangkan dalam hal aplikasi, sistem mikokontroler memiliki karakteristik sebagai berikut;
·        Memiliki program khusus yang disimpan dalam memori untuk aplikasi tertentu, tidak seperti PC yang multifungsi karena mudahnya memasukan program. Program mikrokontroler relatif lebih kecil daripada program-program pada PC.
·        Konsumsi daya kecil.
·        Rangkaian sederhana dan kompak
·        Murah, karena komponen sedikit
·        Unit I/O yang sederhana, misalnya keypad, LCD, LED, Latch.Lebih tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrem misalnya temperatur, tekanan, kelembaban dan sebagainya.
Untuk mempelajari mikrokontroler perlu praktek, atau minimal dengan suatu simulatornya, tanpa praktek tidak akan didapat apa-apa. Untuk mempelajari suatu mikrokontroler atau ingin mengaplikasikan mikrokontroler untuk kendali atau kontrol harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut;
·        Layaklah digunakan suatu sistem mikrokontroler ?. Jika rangkaian terlalu sederhana cobalah dengan rangkaian diskrit saja. Sebagai contoh, jika ingin membuat flasher (lampu kedap-kedip), tidaklah perlu dengan rangkaian mikrokontroler, tetapi jika durasi kedap-kedip diinginkan sangat presisi dan mudah diubah, maka dengan mikrokontroler adalah solusi yang baik.
·        Apakah mikrokontroler mudah didapat dipasaran ?. Faktor keberadaan barang sangat mendukung untuk berekperimen.
·        Apakah harganya terjangkau ?. Berekperimen dengan mikrokontroler kemung­kinan membuat chip menjadi gampang rusak, jadi sebaiknya gunakan yang harganya relatif murah. Kecuali bagi kalangan industri, dimana harga tidak menjadi masalah.
·        Adakah tersedia perangkat pengembangannya ?. Belajar mikrokontroler tidak hanya belajar hardware, tetapi juga software. Data Hardware bisa didapat dari internet, sebab setiap pabrik pembuat chip mikrokontroler, pasti memberikan data sheet di website nya, ini tidak menjadi masalah. Daftar perintah software biasanya juga disediakan di website , tetapi ini belum menjamin bisa membuat program, karena diperlukan latihan dan pengalaman untuk menyusun perintah-perintah menjadi suatu program yang berhasil guna.
·        Adakah, atau seberapa banyak kah forum-forum atau situs di internet yang membahas atau mendiskusikan tentang mikrokontroler tersebut ?. Tukar menukar pengalaman, berdiskusi, bertanya melalui forum di internet adalah sarana efektif saat ini untuk mempercepat mempelajari mikrokontroler.
 4. Perangkat pengembang
Perangkat pengembangan suatu sistem mikrokontroler adalah sangat penting untuk melatih dan berekperimen dengan mikrokontroler yang dipilih, adapun yang disebut perangkat pengembangan atau dalam bahasa Inggris disebut development tools, bisa terdiri dari;
·        Compiler atau penterjemah (Software). Mikrokontroler bekerja dalam bahasa mesin, sedangkan manusia sulit untuk mengerti bahasa mesin, untuk mudahnya dibuat program dengan bahasa yang lebih tinggi tingkatnya, yaitu C, BASIC, atau ASSEMBLER, selanjutnya dengan bantuan Compiler, program akan diterjemahkan dalam bahasa mesin, tentu saja butuh PC (Personal Computer)
·        Simulator (Software), adalah program komputer yang mensimulasikan kerja dari mikrokon­troler. Dengan memasukan program dan dijalankan, maka register, memori dan input-output (I/O) yang nampak dilayar PC akan menunjukan isi, sesuai dengan program yang dijalankan.
·        Emulator (Software dan Hardware), suatu alat yang berhubungan dengan PC yang dapat mengemulasikan kerja mikrokontroler, artinya program-program dibuat dan di compile di PC setelah itu di download ke emulator (istilahnya target), dan emulator akan bekerja secara sendiri (stand alone), hubungan dengan PC bisa dilepas. Jika ada kesalahkan program, maka cukup melakukan koreksi di PC, dan didownload ulang. Dengan demikian menghemat waktu reprogramming.
·        In Circuit Emulator (ICE), adalah pengembangan dari emulator, hubungan dengan PC tetap ada, karena PC dianggap sebagai chip mikrokontroler bayangan, artinya bila kita membuat suatu rangkaian yang menggunakan suatu chip mikrokontroler sebagai komponen utamanya, chip tersebut dapat kita cabut dari soketnya, dan digantikan oleh konektor berbentuk chip yang terhubung kabel-kabel ke PC (emulator card), sekarang PC menggantikan chip tersebut. Selama program dijalankan, isi register-register dalam mikrokontroler ditampilkan dilayar, program juga dapat diperlambat, sehingga mempermudah penyelusuran kesalahan (bug).
·        Programmer, adalah alat yang digunakan untuk mengisi program dalam suatu mikrokontroler, biasanya alat ini menggunakan PC sebagai terminal pintarnya, selanjutnya melalui serial port, paralel port, USB atau card khusus antarmuka ke programmer, kode-kode mesin dimasukkan dalam memory ROM, EPROM yang berada diluar MCU atau Flash memory yang jadi satu kemasan dengan MCU.
4.      perangkat pengembang
Dari perangkat-perangkat tersebut, compiler merupakan software yang mutlak diperlukan, apabila tidak ingin dipusingkan dengan bahasa mesin. Sedangkan programmer (downloader) adalah hardware dan software/firmware yang mutlak diperlukan untuk dapat men’download’ kode-kode perintah ke mikrokontroler. Compiler, simulator mudah didapat disitus internet sesuai dengan jenis produknya. Cara membuat programmer juga banyak tersedia di situs internet, tetapi ini diperlukan pengetahuan elektronika praktis. Emulator harus membuat hardware dan juga diisi software yang bisa didapatkan dari internet. ICE agak susah membuatnya, beberapa perusahaan membuat dan menjual dengan harga yang cukup mahal.
Jadi dapat disimpulkan bahwa suatu mikrokontrontroler adalah suatu chip (rangkaian terintegrasi – IC) VLSI (Very Large Scale IC) mikroprosesor yang dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali dan bersifat reprogrammable. Mikrokontroler memiliki unit memory sendiri (meskipun sangat terbatas), unit I/O (Input/Output) yang bisa dikoneksikan langsung dengan sensor atau aktuator. Program disimpan dalam memori yang tidak hilang bila catu daya padam, biasanya dalam bentuk ROM, PROM atau EPROM diluar mikrokontroler, atau beberapa seri atau varian memiliki ROM didalam mikrokontroler itu sendiri. Cara mengisi program dengan suatu alat pemrogram, yang biasanya berhubungan dengan PC. Untuk mempelajari dan mengaplikasikan mikrokontroler diperlukan perangkat pengembang, literatur dan forum-forum diskusi.
2.2  Perkembangan Mikrokontroller
intel 4004  
 
    intel 8048
 
Intel 4004 adalah mikropprosesor pertama yang dibuat tahun 1971, sedangkan Intel 8048 adalah single chip microprosesor yang pertama, dilempar kepasaran ditahun 1976 dan ini yang merupakan cikal bakal dari mikrokontroler. Keluarga dari 8048 adalah 8021, 8022, 8048, 8049 yang hingga saat ini masih digunakan pada alat-alat kedokteran modern dan digunakan pada keyboard IBM PC untuk scanning tombol-tombolnya.. Versi 8748 memiliki EPROM 1 Kbyte untuk menyimpan programnya. Keluarga mikrokontroler pertama ini dikenal dengan nama MCS-48.
Generasi kedua mikrokontroler 8 bit adalah keluarga mikrokontroler 8051 di tahun 1980, dengan nama MCS-51 dan diklaim sebagai standart mikrokontroler untuk industri yang menguasai lebih dari 60% pasar mikrokontroler dan menjadi inti bagi terciptanya mikrokontroler produk lainnya. Generasi ketiga adalah mikrokontroler 16 bit, seri MCS-96 yang dapat melakukan operasi 16 bit serta penambahan kemampuan dan kecepatan proses yang ditingkatkan. Kini jutaan chip telah digunakan diseluruh dunia untuk pengendalian proses-proses dan instrumentasi.
Seri MCS-51 sederhana, murah dan mudah didapat dipasaran, cukup untuk aplikasi sederhana bagi para pecinta elektronik maupun aplikasi di industri. Chip ini kemudian dikembangkan menjadi beberapa seri dengan berbagai kemampuan (fitur), seperti pada 8031, 80C31, 8051AH dan 8751.Beberapa perusahaan membuat varian nya yaitu suatu chip yang kompatibel dengan bahasa dan fitur 8051 ditambah dengan kemampuan dan kemudahan khusus. Perusahaan tersebut antara lain; AMD, Atmel, Dallas, Matra, OKI, Philips, Siemens, ISS. Produk Philips memberikan tambahan adanya ADC dan generator PWM, sedangkan Dallas mempercepat detak (clock) dan siklus mesin, Atmel membuat mikrokontroler yang menggunakan memory Flash didalamnya dan harganya relatif murah, Atmel juga membuat mikrokontroler kecil, 20 pin yaitu AT89C2051.

 
at89s205
.
Saat ini ada banyak mikrokontroler didunia, tetapi di Indonesia yang banyak digunakan untuk ekperimental (diantaranya digunakan untuk lomba robot) adalah produk Atmel Seri MCS51 seperti AT89S51, AT89S2051, seri AVR seperti ATMega8, ATMega16, AT902313, AT8535 dan seterusnya. Pilih mana?, ini harus melihat kebutuhan. Misalnya digunakan untuk pengajaran - sekolah, maka lebih baik diberikan seri MCS51 saja, sebab dapat berlaku seperti mikroprosesor atau mikrokontroler serta masih mengandung filosopi dasar mikroprosesor, sedangkan seri AVR dengan banyak kemudahannya bisa dipilih untuk aplikasi - cepat. Untuk harga yang paling murah dan mudah didapat, saat ini adalah AT89S2051, sekitar 15rb/buah, jumlah pin 20, mudah memprogramnya, sangat cocok untuk pemula.
2.2.1  Dasar up
2.2.1.1  Data & Address Bus
Untuk menyingkat kata mikroprosesor digunakan istilah uP, meminjam bahasa asingnya yaitu singkatan Microprocessor, itu sebenarnya mu (µ) - micro,  bukan (u),  tetapi untuk gampang nulisnya, daripada harus insert ‘custom character’, sedangkan untuk mikrokon­troler digunakan istilah uC (Microcontroller). Ada beberapa buku yang menggunakan istilah MPU (Microprocessor Unit) dan MCU untuk mikrokontroler.
Suatu uP dan uC pada dasarnya cara kerjanya sama, untuk memahaminya secara umum akan dibahas tentang dasar-dasar tentang uP terlebih dahulu. Suatu proses pengolahan data adalah hal yang umum dijumpai pada proses-proses yang menggunakan komputer, juga berlaku untuk suatu sistem uP, karena uP merupakan otak  dari Personal Komputer (PC).
Parameter input, misalnya suatu data temperatur yang dibaca oleh uP, kemudian diolah dengan suatu kriteria tertentu, misalnya , jika temperatur diatas 100o C, maka sebagai output adanya pengaktifan alarm, jika kurang dari 100o C, alarm dimatikan dan seterusnya.Suatu uP mempunyai m input dan k output, data pada saluran input dan output berupa logika 1 atau 0 yang disebut sebagai bit, selanjutnya m dan k adalah sejumlah / sekelompok bit yang biasa disebut sebagai bus.
Suatu proses memerlukan program yang merupakan serentetan set instruksi yang memerintahkan uP mengambil data, mengolah dan mengeluarkan hasilnya melalui saluran output. Pada kebanyakan uP memiliki m=k dan saluran input juga merupakan saluran output, atau dikatakan bus data adalah dua arah (bidirectional) .  Jumlah saluran input/output pada awalnya 4 bit (disebut nibble), kemudian dikembangkan menjadi 8 (byte), 16 (word), 32, 64 bit, dan mungkin masih terus dikembangkan lebih lanjut. Satu informasi diwakili oleh satu kombinasi bit-bit yang membentuk suatu nibble, byte atau word tersebut, misalnya warna hijau diwakili 0000, merah 0001 dan seterusnya, jika hanya 4 bit, maka hanya bisa membawa informasi warna sebanyak 16 saja, karena kombinasinya maksimum sejumlah 16. Secara umum jika dimiliki m buah saluran data, berarti informasi yang dapat diolah jenisnya terdapat 2m . Perlu diketahui bahwa makin besar jumlah bit berarti makin banyak informasi yang bisa diolah, memudahkan dan mempercepat proses (terutama aritmatika), tetapi juga perlu diingat, makin besar jumlah bit dalam bus data berarti semakin banyak pin (kaki) IC yang diperlukan dan relatif lebih rumit.
uP mengambil dan mengirimkan data dari dan ke suatu memori, lokasi memori dapat didalam suatu uP itu sendiri atau diluar. Perhatikan bahwa PC saat ini memerlukan memori yang sangat besar dengan orde megabyte, memori tersebut ada diluar uP. Untuk suatu uP, juga kadang memerlukan memori luar jika program atau data yang akan diolah cukup besar, artinya memori didalam suatu uP biasanya terbatas. uP harus dapat mengakses, artinya mencapainya untuk keperluan pembacaan atau penulisan data, oleh karena itu diperlukan alamat atau address dari memori tersebut. Setiap lokasi memori harus memiliki alamat yang unik, artinya tidak boleh sama dengan lokasi lainnya. Untuk keperluan pengaksesan tersebut, suatu uP memiliki bus alamat yang terdiri dari beberapa jalur, makin banyak jalurnya berarti makin banyak juga lokasi memori yang dapat diakses, jika terdapat a buah jalur alamat, berarti uP tersebut dapat mengakses 2a lokasi alamat, contohnya untuk 16 bit address line, sistem dapat mengakses 216 = 65536 lokasi memori, dari lokasi 0 hingga 65535, atau dari 0000 hingga FFFF dalam sistem bilangan Hexadesimal. Untuk ukuran 1 Kilo dalam sistem digital = 1024, sehingga untuk lokasi sebanyak 65536 tersebut disebut juga 64K.Karena yang memberi informasi alamat ini adalah uP, maka arah jalur bukan bidirectional melainkan satu arah, yaitu keluar dari uP.
2.2.1.2  Memory Access
Access artinya membaca atau menulis, memory dalam pengertian memory chip (penyimpan data) atau IO - Input Output, chip yang merupakan gerbang keluar sistem uP, tetapi sebelum diuraikan mengenai sistem pembacaan dan penulisan dari/ke memori perlu dijelaskan lebih dahulu bangaimana sinyal-sinyal data dan alamat berlalu didalam bus. Jika dalam sistem digital dasar dikenal adanya status dari data, yang mana dapat ‘0’ atau ‘1’ yang berhubungan dengan tegangan 0 dan 5 Volt – untuk level TTL, maka dalam sistem MPU dikenal adanya status-status sebagai berikut;
·        ‘0’ atau LO state stabil data nol – LOW state (untuk level TTL=0 Volt)
·        ‘1’ atau HI state stabil data satu – HIGH state (untuk level TTL=5 Volt)
·        Hi-z saluran terputus, atau impedansi tinggi (High impedance)
·        Tidak stabil kadang nol, satu, hi-z, tidak tahu kapan terjadinya.- sinyal sampah / Unstable / Intermediate state
2.2.1.3 Memory MAP
Pengetahuan tentang ruang memori (memory space), peta memori (memori map) dan dekoding alamat (address decoding) adalah sangat penting untuk mema­hami kerja dari suatu sistem uP, karena hal ini diperlukan dalam pembuatan rangkaian (hardware) dan penyusunan program (software). Dalam bahasan ini akan diberikan contoh dari yang paling sederhana, hingga konfigurasi yang komplek atau konfigurasi dasar sistem uP pada umumnya.
Rangkaian dekoder alamat juga disebut sebagai demultiplexer atau biner to decimal decoder yang dapat berupa chip demultiplexer seperti 74138, rangkaian kom­binasional dengan gerbang dasar atau PAL (Programmable Array Logic). Rangkaian dekoder 4 ke 16 artinya 4 bit biner dikonversikan ke 16 bit desimal, contohnya bila masukannya 0000 maka outputnya yang aktif (dalam hal ini  yang ”0′) adalah Y0, bila masukannya 0001, maka yang aktif adalah Y1 dan seterusnya hingga Y15 untuk masukan 1111. Dengan konfigurasi semacam ini, memori-memori diletakkan pada suatu peta memori dan hanya satu lokasi memori yang diakses pada suatu waktu oleh uP. Perhatikah bahwa semua tempat di peta memori dipenuhi oleh memori yang jumlahnya 16 buah.
Akibat input masukan dekoder adalah A2 dan A3, maka output Y bukan merupakan satu lokasi memori saja melainkan suatu jangkauan memori yang dapat dituliskan pada tabel 2.1. ;
Tabel 2. 1 Seleksi alamat 4 bit
Selektor
Alamat
Y0
0 sd 3
Y1
4 sd 7
Y2
8 sd B
Y3
C sd F
2.2.1.4            16Bit Address
·        Pada kebanyakan uP dan uC yang digunakan oleh para eksperimenter saat ini memiliki 16 bit bus alamat atau lebih, lebar jalur data adalah 8 bit atau lebih. Untuk ilustrasi aplikasi, digunakan lebar data 8 bit dan 16 bit bus alamat, sehingga ruang memori berisi 64K (216 = 65535, atau 64K). Untuk chip-chip memorinya memiliki lebar jalur data 8 bit dan berkapastitas lebih dari 8K atau lebih, sedangkan chip I/O biasanya hanya memiliki beberapa alamat port.Lokasi memori 16 bit ditulis dengan sistem bilangan hexa, dari 0000 hingga FFFF. Bisa digambarkan dari atas kebawah atau dari bawah keatas, yang penting ada keterangannya alamat.
·        Mirip dengan halamaman sebuah buku, ruang sebesar 256 byte, misalnya dari 0000 sd 00FF, disebut satu paragraph, ruang 1024 (1K), misalnya dari 0000 sd 0FFF, disebut satu halaman dan ruang sebesar 65536 disebut sebagai satu segment.
2.2.1.5  Decoder IC
Kebanyakan dekoder alamat yang digunakan oleh para perancang sistem uP adalah chip Digital 74138 (74S138, 74LS138, 74HCT138) yaitu sebuah 3 bit binary decoder. Penggunaan HCT adalah terbaik, tetapi type LS sudah cukup memenuhi syarat. Tabel kebenaran dari chip ini diperlihatkan pada Tabel 2. 3,  input A, B dan C adalah 3 bit masukan biner dan keluarannya adalah aktif LO pada Y0 sd Y7. Kendali FE2a dan FE2b harus LO sedangkan FE1 harus HI untuk mengaktifkan chip, pin kendali ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperkecil jumlah alamat bayangan atau mespesifikkan alamat-alamat akses dari chip-chip dalam suatu sistem MPU dengan mengkoneksikan ke jalur alamat tertentu atau jalur kendali MPU, tetapi apabila tidak dikehendaki hal tersebut, pin dapat di ‘0′ kan dan di ‘1′ kan, dengan mengkoneksikan ke ground dan Us.
2.2.2 Konfigurasi Dasar uP
Sebuah uP tidak dapat bekerja sendirian, diperlukan komponen lain, baik itu suatu dekoder alamat, memori atau unit Input-Output. Sistem uP adalah sebutan untuk suatu konfigurasi rangkaian dengan uP sebagai komponen utamanya ditambah memori, I/O dan dekoder alamat. Sistem mini­mum uP adalah rangkaian dengan komponen minimum agar sistem uP dapat bekerja. Blok diagram Gb. 3. 1  memperlihatkan suatu sistem uP.  Perhatikan bahwa sebagian alamat digunakan untuk dekoder alamat untuk menseleksi chip mana yang diaktifkan.
Pada mulanya komponen yang turut membangun suatu sistem uP (disebut sebagai ‘keluarga uP’ yang bersangkutan) dibuat oleh pabrik pembuat uP, tetapi saat ini komponen penunjang bisa dibuat oleh pabrik yang lain. Selain dekoder, memori dan I/O komponen penunjang dapat berupa DMA Controller, Interupt Controller, Expasion Port, Communication chip dan sebagainya.
(Dual-In-line Package) IC 40 pin, seperti yang diperlihatkan pada Gb. 3. 3 , pada gambar tersebut, sebelah kiri adalah kemasan plastik (PDIP - Plastic DIP) dan sebelah kanan adalah kemasan keramik (CDIP - Ceramic DIP). Bentuk kemasan lain yang banyak dijumpai pada peralatan yang mengharuskan miniaturisasi komponen adalah PLCC (Plastic Leaded Chip Carrier), yang mana bentuknya sangat kecil, disolder langsung dipermukaan jalur-jalur PCB, kaki-kakinya ada di empat sisi. Konstruksi dalam PCB hanya dapat dikerjakan dengan mesin. uP dalam kemasan PLCC dijumpai di PC, handphone, harddisk dan sebagainya.
2.2.3  Memori
Memori (inggrisnya - memory) yang digunakan untuk menyimpan data atau program dan dijaman kompu­ter ini perkembangan sangat pesat sekali, baik dalam segi kapasitas yang diperbesar, kecepatan akses yang ditingkatkan dan kebutuhan daya yang diturunkan. Karena perkembangannya yang begitu cepat, suatu teknologi bisa cepat usang dalam hitungan bulan, akibatnya harga memori bisa turun drastis apabila tercipta teknologi baru, sama halnya dengan mikroprosesor.
Ada dua tipe dasar dari memori yang berdasarkan apakah data hilang atau tidak, bila catu daya dipandamkan, istilah asingnya adalah volatile dan non-volatile, dalam istilah indonesia ada yang menterjemahkan sumirna dan tak sumirna. Kedua tipe memori tersebut dijelaskan berikut ini.
Volatile memory
ROM (Read Only Memory) - Memori yang datanya sudah diisi oleh pembuat chip memori, artinya user meminta kepada pabrik pembuat memori agar diisi sesuai dengan keinginannya, tentu saja pesanan dalam jumlah yang be­sar.
PROM (Programmable ROM) - Data hanya sekali saja diisi dengan alat yang dinamakan programmer ROM, setelah itu data tidak dapat diganti atau dihapus lagi.
 
1.      UV EPROM
EPROM (Erasable Programmable ROM) - Memori yang datanya dapat diisi (dengan programmer) kemudian dihapus kembali dengan bantuan sinar ultraviolet intensitas tinggi melalui jendela kaca pada chip memori - lihat Gb. 3. 4. Penghapusan dan pengisian dapat dilakukan berkali-kali tetapi ada batas­nya. Setelah diisi sebaiknya jendela kaca ditutup dengan label kedap cahaya untuk menjaga kemungkinan data tidak hilang oleh sinar dari luar. Contoh chip dari SGS Thompson 27256. Pengisian dengan bantuan programmer, memerlukan tegangan bakar (programming voltage) 12V atau 21V.
EEPROM (Electricaly Erasable Programmable ROM) - Data pada EEPROM dapat diisi, dihapus atau dirubah secara random dan individual dirangkaian, seperti halnya RAM, tetapi data tetap tersimpan meskipun catu padam. Jadi mengisinya dengan cara prosedur kombinasi sekuen beberapa sinyal saja. Digunakan pada piranti yang datanya sering dirubah, misalnya pada kartu telpon, TV, Video, timbangan elektronik. Contoh ATMEL 93C46, Catalys 28C64.
 
2.     . Flash EPROM
Flash EPROM - Suatu teknologi yang relatif baru, dimana pengisian dan penghapusan data dengan suatu prosedur tertentu, yaitu dengan kom­binasi sinyal kontrol dan tegangan bakar / tegangan tinggi  (tegangan yang dimaksud tegangan tinggi disini lebih besar dari 5Volt, biasanya 12 Volt).  Pengisian dan penghapusan dijaman sekarang ini digunakan PC dengan bantuan suatu programmer. Penghapusan data harus secara keseluru­han (data diseluruh alamat), tidak dapat secara individual (per lokasi alamat). Proses penghapusan lebih cepat dibanding pada EPROM dengan sinar uv, mungkin karena cepatnya itulah dinamakan ‘FLASH’. Contoh Intel 28F010, ATMEL 29C64.
 
 3. EEPROM
NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory) -NVRAM memiliki battere terinte­grasi didalamnya yang menjaga data tetap. NVRAM memiliki kecepatan akses yang relatif lebih tinggi dibanding dengan ROM biasa. Beberapa tipe NVRAM tidak Memiliki batere, seperti RAM biasa yang digunakan untuk menduplikasi data dari EEPROM kemudian akses dari NVRAM akan lebih cepat.  Contoh NVRAM yang berbasis batere adalah  DS1220, DS1225 (Dallas Semiconductor), yang berbasis EEPROM adalah X22C10, X22C12 (Xicor).
Bipolar PROM - Suatu BIPOLAR PROM adalah chip memori dengan teknologi transistor BIPOLAR dan digunakan untuk menyimpan data yang relatif kecil. Sekali diprogram, data didalamnya tidak dapat dirubah lagi. Pemrograman dipergunakan tegangan tinggi dan arus yang relatif besar. Bipolar PROM memiliki imunitas yang tinggi terhadap derau lingkungan dan juga terhadap radiasi gelombang elektromaknetik, oleh karena itu chip tersebut banyak digunakan untuk teknologi militer dan ruang angkasa.
ROM, PROM dan EPROM pada saat operasi hanya dapat dibaca, tidak dapat ditulisi, oleh karena itu tidak terdapat kontrol W (write) pada chip ini, sedangkan pada EEPROM atau Flash EPROM pada saat operasi juga hanya dapat dibaca saja, tetapi dimungkinkan pada dalam konfigurasi rangkaiannya untuk membuat data yang ada didalamnya dirubah atau dihapus. Contoh riil adalah BIOS pada PC yang saat ini menggunakan memori Flash, pada operasinya memori tersebut hanya bisa dibaca saja, tetapi dengan utilitas software tertentu (tidak perlu hardware), isi data BIOS dapat diubah, yaitu bila user menghendaki upgrade BIOS, dengan mendownload dari internet data BIOS dan utilitasnya, upgrade BIOS bisa dilakukan dengan mudah. Karena mu­dahnya mengubah BIOS ini, juga dimanfaatkan virus komputer untuk melumpuhkan PC, karena BIOS yang rusak menyebabkan PC macet. Flash juga banyak digunakan diperalatan yang perlu menyimpan data seperti pada handphone, digital diary, kartu telepon dan sebagainya.
Kali pengisian atau penghapusan EPROM, EEPROM atau Flash terbatas, contoh dari datasheet EEPROM CAT93C46 ditulis; 1.000.000 Program/Erase Cycle dan 100 Year data Retention, artinya chip dapat ditulis dan dihapus sebanyak 1 juta kali dan jika chip diisi dan digunakan atau dibiarkan akan tahan hingga 100 Tahun. Untuk EPROM dan Flash berkisar 1000 kali. Pada kenyataannya kemungkinan bisa lebih kecil atau data rusak karena adanya derau-derau listrik atau gelombang elektromagnet.
Suatu hal yang penting dalam perencanaan adalah adanya waktu akses, yaitu waktu yang diperlukan oleh chip memori untuk membaca atau menulis data. EPROM, EEPROM dan Flash berkisar 100-400 ns (1 nano second = 10-9 second). Sulit menuliskan berapa kecepatan akses memori di jaman kini, karena perubahan cepat, makin ditemukan memori dengan waktu akses yang semakin kecil (cepat) , untuk tepatnya harus dilihat di data sheet nya yang saat ini begitu mudah didapat dari internet. Waktu akses kadang-kadang tercantum dalam label kemasan, seperti contoh EPROM dari Texas Instrument 27C256-10, angka 10 menunjukkan waktu akses 100 ns.
PENUTUP
 
11.     Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa suatu mikrokontrontroler adalah suatu chip (rangkaian terintegrasi – IC) VLSI (Very Large Scale IC) mikroprosesor yang dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali dan bersifat reprogrammable.
Intel 4004 adalah mikropprosesor pertama yang dibuat tahun 1971, sedangkan Intel 8048 adalah single chip microprosesor yang pertama, dilempar kepasaran ditahun 1976 dan ini yang merupakan cikal bakal dari mikrokontroler. Keluarga dari 8048 adalah 8021, 8022, 8048, 8049 yang hingga saat ini masih digunakan pada alat-alat kedokteran modern dan digunakan pada keyboard IBM PC untuk scanning tombol-tombolnya.. Versi 8748 memiliki EPROM 1 Kbyte untuk menyimpan programnya. Keluarga mikrokontroler pertama ini dikenal dengan nama MCS-48.
Generasi kedua mikrokontroler 8 bit adalah keluarga mikrokontroler 8051 di tahun 1980, dengan nama MCS-51 dan diklaim sebagai standart mikrokontroler untuk industri yang menguasai lebih dari 60% pasar mikrokontroler dan menjadi inti bagi terciptanya mikrokontroler produk lainnya. Generasi ketiga adalah mikrokontroler 16 bit, seri MCS-96 yang dapat melakukan operasi 16 bit serta penambahan kemampuan dan kecepatan proses yang ditingkatkan. Kini jutaan chip telah digunakan diseluruh dunia untuk pengendalian proses-proses dan instrumentasi.
Seri MCS-51 sederhana, murah dan mudah didapat dipasaran, cukup untuk aplikasi sederhana bagi para pecinta elektronik maupun aplikasi di industri. Chip ini kemudian dikembangkan menjadi beberapa seri dengan berbagai kemampuan (fitur), seperti pada 8031, 80C31, 8051AH dan 8751.
Mikrokontroler memiliki unit memory sendiri (meskipun sangat terbatas), unit I/O (Input/Output) yang bisa dikoneksikan langsung dengan sensor atau aktuator. Program disimpan dalam memori yang tidak hilang bila catu daya padam, biasanya dalam bentuk ROM, PROM atau EPROM diluar mikrokontroler, atau beberapa seri atau varian memiliki ROM didalam mikrokontroler itu sendiri. Cara mengisi program dengan suatu alat pemrogram, yang biasanya berhubungan dengan PC. Untuk mempelajari dan mengaplikasikan mikrokontroler diperlukan perangkat pengembang, literatur dan forum-forum diskusi
     2. Saran
Dalam penulisan makalah ini mungkin masih banyak kesalahan oleh sebab itu saya meminta saran dan kritiknya demi pembangunan makalah ini. Sebelumya saya ucapkan maaf dan trimakasih
DAFTAR PUSTAKA
http://www.datasheetcatalog.com/

Comments

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c