Tuesday, 22 September 2015

Jawaban Pertanyaan chapter 3 buku MIS

Post views: counter

 (Manajement Information System)



Chapter 3


Question


1. In term of dollar impact, which is more important, B2B or B2C e-commerce? By how much?
Jawab:
Dalam hal dampak dalam dolar, yang lebih penting adalah e-commerce pada B2B. Hal ini disebabkan karena jumlah transaksi yang terjadi biasanya sedikit, namun nilainya dalam dolar sangat tinggi. Misalnya sebuah produk seharga $20/ unit akan menghasilkan $20 dalam sekali transaksi B2C sedangkan pada transaksi B2B bisa mencapai lebih dari $ 20,000 dalam sekali transaksi.


2. Should the design of a B2B site be from the customer’s point of view or from the firm’s? explain
Jawab:
Desain B2B harus dari sudut perusahaan pandang karena transaksi B2B melibatkan sangat sedikit orang, umumnya mereka yang berada di kelompok sistem informasi perusahaan yang terkena dampak langsung. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih atau sudah biasa dalam penggunaan sistem informasi dan akrab dengan proses bisnis dipengaruhi oleh transaksi. Ini adalah pertukaran produk, jasa, atau informasi terhadap bisnis daripada antara bisnis dan konsumen.

3. Should the design of a B2C site be from the customer’s point of view or the firm’s? explain
Jawab:
Dalam situs B2C desain harus dari  sudut pandang, karena pelanggan terlibat langsung dan intensif dalam situs ini. Transaksi membutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Pelanggan mungkin tidak memiliki keahlian dengan teknologi informasi, sehingga website harus menawarkan petunjuk dan membantu. Singkatnya itu adalah pertukaran jasa, informasi dan / atau produk dari bisnis ke konsumen. Jadi harus memudahkan konsumen dalam mengunjungi maupun menggunakan website.


4.List three anticipated benefits of e-commerce?
Jawab:


  • Meningkatkan Pelayanan terhadap konsumen sebelum, saat dan setelah penjualan
  • Meningkatkan hubungan dengan penyedia dan bagian finansial
  • Meningkatkan economic return  kepada stake holder dan pemegang saham


5. Identify three reasons why firms were initially hesitant to engage in e-commerce


  • Biaya tinggi
  • Masalah keamanan
  • Software yang belum matang atau belum tersedia

6.What was the dollar amount of e-commerce in the United States in 2003? If past trends continue, what would your projection be for 2010?
Jawab:
Pada tahun 2010 harga e-commerce akan tetap naik. Dalam dolar, jumlah transaksi e-commerce yang terjadi di US pada tahun 2003 adalah sebesar $1.7 trilyun. Apabila tren pertumbuhan aktivitas e-commerce terus berlanjut, yaitu sebesar 5% setiap tahunnya, maka pada tahun 2010 proyeksinya menjadi $2,392,070,718,515.62. jadi bisa disimpulkan bahwa harga e-commerce berum;a pada 2003 seharga 1.7 triliun dolar dan Pada lima tahun terakhir naik hingga 15%.


7. Why would a firm use an external database instead of gathering business intelligence itself?
Jawab:
Perusahaan menggunakan external database karena lebih cepat dan lebih murah daripada perusahaan tersebut mengumpulkan database tersebut sendiri. Hal ini dikarenakan penyedia external database biasanya sudah memiliki database yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

8. Which external database provides information about US and Canadian manufacturers?
Jawab:

9. Identify the two basic benefits of an interorganization system
Jawab:


  • Efisiensi komparatif : Dengan bergabung dengan IOS, rekan trading dapat memproduksi produk dan jasa dengan efisiensi lebih tinggi.
  • Kekuatan penawaran : Kekuatan penawaran merupakan kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan penyedia dan konsumen.

10. What is vendor stock replenishment?
Jawab:
Merupakan tipe special IOS dimana kepercayaan konsumen kepada pemasok sangat besar sehingga dapat membuat pemasik mengakses sistem inventory nya.

11. Explain electronic data interchange
Jawab:
EDI atau electronic data interchange adalah satu bentuk “e-commerce” yang secara formal diperkenalkan kepada seluruh masyarakat secara luas dengan menggunakan media komputer di dalam pelaksanaannya. EDI merupakan transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI (Electronic Data Interchange) memiliki format standar untuk pertukaran data bisnis. Format standar nya adalah ANSI X12 dan dikembangkan oleh Data Interchange Standards Association. ANSI X12 sangat baik dikoordinasikan atau digabung dengan standar internasional EDIFACT.Meskipun EDI ini teknologi yang sudah lama, EDI penting karena merupakan sebagian fasilitas dari B2B e-commerce.  EDI didominasi pengimplementasian IOS.  Lebih dari dua atau tiga kegiatan yang dilakukan e-commerce menggunakan EDI.
Untuk proses transaksi datanya  (pengiriman dokuman dan respon) dapat dijelaskan sebagai berikut:


  1. Pengguna melakukan pengisian Aplikasi Modul seperti PIB, PEB, dll.
  2. Jika data sudah siap dan lengkap, pengguna melakukan proses Edifact. Proses ini dilakukan oleh Enabler dari sisi pengguna.
  3.  Pengguna melakukan proses komunikasi untuk mengirimkan data/dokumen yang sudah dibentuk Edifact.
  4. Data/dokumen kemudian dikirimkan melalui jaringan EDI. 
  5. Data yang sudah diterima kemudian di proses.
  6. Sesudah proses selesai kemudian Respon balasannya telah didaparkan dan dikirimkan melalui jaringan EDI, kemudian ditampung disana untuk sementara.
  7. Pelanggan melakukan proses komunikasi lagi untuk mengambil respon yang sudah ada di jaringan.
  8. Respon untuk pelanggan masuk dan kemudian ditranslasi oleh Enabler untuk dapat dibaca oleh Aplikasi Modul sebagai user interface-nya pelanggan.

12. Give three examples of digital products
Jawab:


  • E-Book
  • Software : firefox, word, excel, dll
  • Website template


13. What costs do purchasers of digital products?
Jawab:
Biaya yang terjadi pada pembeli produk digital di dalam transaksi yang mereka lakukan Diantara lain terdapat biaya-biaya tambahan lainnya, seperti biaya computer, biaya koneksi online, penyimpanan media, biaya dalam melakukan edit, biaya tenaga ahli, dan lainnya.

14. Why would you a firm sell products from both a physical storefront and a web site?
Jawab:
Ini merupakan sebuah strategi bisnis dimana dapat memudahkan konsumen. Konsumen dapat diinfokan mengenai biaya dan fitur produk, mengatur cara pembayaran, dan pengiriman produk

15. How is mobile commerce?
Jawab:
Untuk mobile commerce menggunakan teknologi 3g untuk menyambungkan antara ponsel pengguna dan sebuah pda

16. How is Japan expanding business applications for the customers who have a 3g phones?
Jawab:
Di Jepang perusahaan NTT DoCoMo,Inc membeli 30% dari Sumitomo Mitsui Financial Group.  Ini didasari dari sebagian besar orang dewasa Jepang memiliki sebuah ponsel, dan ponsel tersebut dapat digunakan untuk transaksi finansial.

17. What is the difference between the internet and the world wide web?
Jawab:
Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang dapat menghubungkan jutaan computer. World wide web merupakan kumpulan dari computer yang menjadi sebuah server yang menyimpan dokumen yang telah diformat yang dapat mengeluarkan text, gambar dan suara yang dapat menghubungkan dengan dokumen lain di web.

18. How do hospitals use e-commerce  for supply chain management?
Jawab:
Rumah sakit dapat membeli dari penyedia secara online, ini dapat lebih menguntungkan kira 5% daripada transaksi biasa.  Rumah sakit dapat menggunakan protocol standar seperti internet yang dapat menghubungkan beberapa vendor dan rumah sakit.
Global Healthcare Exchange (WWW.GHX.COM) membantu umah sakit dalam mengimplementasian commerce exchange. Hal ini sangat membantu satu klienThe Cape Fear Health System in North Carolinauntuk membuat sambungan pertukaran perdagangan yang baru dengan vendor dalam satu jambiasanya untuk sistem pada rumah sakit butuh beberapa minggu untuk terhubung ke vendor baru menggunakan EDI.
aKecepatan dan kemudahan koneksi ke vendor baru melalui e-commerce adalah alasan yang kuat untuk perubahanNamun, pengalaman dari Cape Fear Valley perubahan manajerial merupakan poin yang sangat penting.


  • Pertamadi bawah sistem sebelumnya pembeli cenderung untuk membeli yang diberitahukan oleh dokter,terlepas dari hargaWaktu itu tidak avaiable untuk menganalisis permintaan pembelian dan menemukanpengganti lebih murah atau vendor lebih murahKecepatan dan efisiensi pertukaran melalui commerce memungkinkan pembeli untuk mencari alternatif penghematan biaya.
  • Kedua tingginya biaya mendirikan EDI yaitu sebesar ($ 5,000 hingga $ 30,000) hal ini  membuat vendoryang lebih kecil tidak bisa tergabung pada sistem EDI dan memilih terlibat dalam e-commerce karena biayanya lebih murahDengan bergabung dengan exhange commerce, yang hanya membutuhkan akses internetvendoryang lebih kecil bisa bersaing dengan vendor besarHasilnya adalah biaya pembelian yang lebih rendah untukrumah sakitdan akhirnya pasien bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah dalam berurusan dengan rumah sakit.


19. what is a virtual mall?
Jawab:
Virtual mall merupakan gabungan dari beberapa toko yang berjualan secara online, pelanggan dapat langsung memiloh dan membeli dari website yang sudah disediakan, biasanya semua took di masukan ke dalam beberapa kategori di dalam satu website.

20. Why should firms limit the number of images on a B2C web site?
Jawab:
Perusahaan harus membatasi jumlah gambar pada website B2C karena memuat (load) gambar yang banyak pada komputer pelanggan akan memakan banyak waktu terlebih lagi apabila pelanggan memiliki koneksi internet yang jelek. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan informasi kepada pelanggan tanpa membanjiri mereka dengan informasi-informasi yang tidak diperlukan. Gambar produk dapat ditampilkan dalam jumlah yang banyak kepada pelanggan setelah pelanggan melakukan pencarian spesifik mengenai produk yang diinginkan dengan menggunakan mesin pencari. Setelah pelanggan berfokus pada beberapa produk saja baru gambar dimuat dalam jumlah yang banyak. Semakin sedikit klik pada mouse semakin baik, tetapi sejauh ini hal yang lebih penting adalah kecepatan akses ke website B2C.


21. Where could you go on the Web to acquire a domain name for a web-site?
Jawab:
domain name adalah nama yang merepresentasikan website dari perusahaan atau bisnis, sebagai contoh xyz.com untuk PT xyz. Untuk mendapatkan domain name perusahaan harus mendaftarkan nama yang diinginkan ke organisasi yang bernama ICANN dengan membayar sejumlah uang. Ada beberapa website yang dapat dikunjungi untuk mendaftarkan domain name, seperti : GoDaddy.com, Dotster.com, Register.com, dan 1&1 internet



PROBLEMS


1. Go to the U.S. Census Bureau’s Web page for e-commerce statistics at WWW.CENSUS.GOV/E-STATS (it is very important that all letters in the URL are lowercase). Graph the quarterly e-commerce retail sales for all of the quarterly data you can find. Based on these figures, what do you believe will be the total e-commerce retail sales in the fourth quarter of 2010?




Menggunakan metode simple moving average, diperkirakan nilai transaksi retail sales menggunakan e-commerce akan kembali naik, dan berkisar di angka 33.53 juta dollar.

2. Financial information about many businesses can be found on the Securities and Exchange Commission Web site (WWW.SEC.GOV). If you are gathering business intelligence about a competitor, this may be a good place to start. Go to the SEC Web site and access EDGAR (Electronic Data Gathering, Analysis, and Retrieval) to search corporate finance filings. What was Microsoft’s (ticker symbol MSFT) annual net income according to its most recent Form 10-K?

jawab:




Microsoft’s annual net income untuk tahun:
2012 = $16.978
2011 = $23.150
2010 = $18.760

source : http://indrapriawand.blogspot.co.id/2013/03/jawaban-pertanyaan-chapter-3-buku-mis.html

Related Post



0 komentar-nya:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...