Skip to main content

Panduan Wisata di Jepang untuk Wisatawan Muslim


Tips memilih makanan dan cara beribadah di Jepang

Karena di Jepang Islam bukan agama mayoritas, tempat beribadah maupun makanan yang bersertifikat halal masih terbatas. Namun wisatawan muslim tidak perlu khawatir, karena ada tips sederhana untuk memilih makanan dan menjalankan ibadah, sehingga wisata ke Jepang tetap mengasyikkan.
(Panduan ini disusun atas kerjasama Indonesia Research Institute Japan dan Nippon Asia Halal Association)

Menikmati lezatnya hidangan khas Jepang

Tips memilih restoran

Beberapa menu khas Jepang yang relatif aman untuk dikonsumsi antara lain Sushi (kecuali unagi dan anago yang pada sausnya biasanya menggunakan mirin dan sake), Sashimi, Soba, Udon, Tempura(hindari penggunaan sausnya karena umumnya mengandung sake dan mirin), Yaki Sakana (ikan bakar) ,dll.
muslim_visitors2
Alternatif lainnya adalah pergi ke restoran hidangan negara-negara muslim seperti masakan Arab, Pakistan, Turki, atau Malaysia. Cukup banyak restoran-restoran yang menyediakan hidangan islami di kota-kota besar di Jepang. Informasi restoran-restoran tersebut bisa dilihat di situs berikut:
Japan Halal Association
http://www.jhalal.com/restaurant-list

Makanan yang umumnya mengandung babi

Walaupun banyak makanan tradisional Jepang yang berbahan dasar ikan, ada beberapa masakan Jepang yang umumnya menggunakan daging babi atau kaldu babi. Misalnya, ramen, tonkatsu, gyoza, okonomiyaki, beberapa jenis kare dll. Makanan dari daerah Okinawa banyak memakai daging babi dan olahannya, seperti Goya Campur dan Okinawa Soba.
Selain babi, makanan berbahan dasar daging lain (sapi, ayam, kambing, dll) juga perlu diperhatikan, karena kemungkinan daging yang disajikan tidak disembelih dengan tatacara Islam.
Wisatawan disarankan juga untuk berhati-hati terhadap makanan yang kemungkinan menggunakan sake (arak Jepang) atau mirin (sweet cooking sake) sebagai bumbu masak. Misalnya pada masakan teriyaki, yakitori, dll.

Tips memilih makanan kemasan

Jika ingin berbelanja bahan makanan atau makanan kemasan di supermarket atau minimarket (convenience store), sebaiknya bawalah catatan bahan-bahan makanan yang diragukan kehalalannya.
Misalnya:
buta (babi)
ポーク po-ku (pork)
牛肉 gyu niku (daging sapi)
鶏肉 tori niku (daging ayam)
肉エキス niku ekisu (ekstrak daging)
コンソメ konsome (kaldu daging)
sake
みりん mirin
ゼラチン zerachin (gelatin)
動物油脂 dobutsu yushi (lemak hewan)
加工油脂 kako yushi (lemak termodifikasi)
ショートニング shotoninggu (shortening)
Apabila ragu-ragu dengan kandungan makanannya, disarankan untuk bertanya langsung kepada pelayan di toko, restoran atau petugas di hotel.
Contoh percakapan:
“__________” wo tsukatteimasuka? (Apakah menggunakan “___”?)
Contoh: “Buta niku wo tsukatteimasuka? “ (Apakah menggunakan babi?)

Daftar kosakata penting Bahasa Jepang

yubisashi
Untuk contoh lebih lengkap mengenai dafta bahan makanan dan contoh percakapan bahasa Jepang, silahkan download dan print buku saku berikut dan bawalah saat berwisata ke Jepang

Kolom: Upaya Menciptakan Jepang yang Ramah Muslim

Seiring dengan meningkatnya jumlah muslim yang menetap dan berkunjung ke Jepang dari tahun ke tahun, pemerintah Jepang dan beberapa organisasi nirlaba (NPO) berbasis Islam berupaya untuk mengajak hotel-hotel dan restoran untuk menyediakan pelayanan yang “ramah muslim(muslim friendly)”.
Salah satu NPO yang aktif mempromosikan sertifikasi halal adalah Nippon Asia Halal Association (NAHA). NAHA baru-baru ini mengadakan seminar tentang sertifikasi halal untuk hotel dan restoran. Seminar yang diadakan di Hotel Springs , Makuhari, Chiba tersebut dihadiri oleh pengusaha hotel dan restoran dari seluruh Jepang.
Hotel Springs yang terletak di dekat Tokyo Disneyland ini, juga telah resmi menjadi hotel bersertifikat halal yang diakui oleh NAHA. Walaupun tidak seorangpun staf hotel tersebut yang beragama Islam, tetapi staf hotel telah mendapatkan pelatihan mengenai penyediaan makanan halal.
Dapur khusus juga dibuat terpisah untuk memasak makanan halal bagi tamu muslim. Selain dapur khusus, mereka juga menggunakan peralatan masak khusus untuk menu halal agar tamu yang beragama Islam dapat menikmati hidangan dengan nyaman tanpa rasa was-was.
Selain menyediakan menu halal, kamar-kamar di hotel ini juga dilengkapi dengan petunjuk arah kiblat. Hotel ini juga menyediakan peminjaman sajadah dan mukenah di front officenya.

Tips untuk beribadah di Jepang

Mesjid-mesjid di Jepang

Dua mesjid yang cukup besar dan terkenal di Jepang adalah Mesjid Camii Tokyo yang berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara, Tokyo dan Mesjid Kobe di kota Kobe.
Mesjid Camii Tokyo merupakan masjid terbesar di Jepang yang berdiri di atas tanah seluas 734 m2 dengan total luas bangunan 1477m2. Ornamen arsitektural mesjid ini sangat indah sehingga orang Jepang non-muslim pun banyak yang berkunjung untuk melihat keindahannya. Mesjid ini juga merangkap sebagai pusat kebudayaan Turki.
Mesjid Kobe adalah mesjid tertua di Jepang, yang dibangun pada Oktober 1935. Mesjid ini terletak di Kitano-cho, Kobe. Walaupun pada tahun 1995 kota Kobe dilanda gempa besar yang menewaskan ribuan jiwa tetapi bangungan mesjid ini tidak mengalami kerusakan berarti.
Selain dua mesjid besar di atas, di Tokyo juga terdapat beberapa masjid/musholla antara lain Mesjid Otsuka yang terletak di dekat Ikebukuro, Mesjid Dar-el Arqam di Asakusa, Mesjid As-Salam di Okachimachi, juga di dalam Kedutaan Besar Republik Indonesia(KBRI) , Meguro.
Untuk daerah Jepang Tengah, terdapat Mesjid Nagoya. Mesjid yang berdiri pada tahun 1998 ini terletak di Nakamura-ku, Nagoya dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun subway Honjin. Mesjid ini terdiri atas empat lantai. Lantai satu adalah pusat kebudayaan Islam, lantai 2 adalah tempat sholat untuk wanita, lantai 3 dan 4 adalah tempat sholat pria.
Sementara di pulau Kyushu yang terletak di selatan Jepang, terdapat mesjid Fukuoka yang terletak di Higashi-ku, Fukuoka dan dapat dicapai dengan berjalan kaki 1 menit dari stasiun JR Hakozaki.
Informasi lengkap mengenai lokasi masjid di kota-kota besar di Jepang, dapat dilihat di situs berikut.
Masjid in Japan
http://www.masjid.jp/list.html
Contoh akses menuju Mesjid Camii Tokyo dari beberapa stasiun besar adalah sebagai berikut:
Dari stasiun Tokyo:
Naik subway Marunouchi Line sampai stasiun Otemachi, lalu ganti ke subway Chiyoda Line dan turun di stasiun Yoyogi Uehara.
Dari stasiun Shinjuku:
Naik kereta Odakyu Line dan turun di stasiun Yoyogi Uehara.
Dari stasiun Shibuya:
Naik subway Fukutoshin Line sampai stasiun Meiji-jinggu lalu ganti ke subway Chiyoda line dan turun di stasiun Yoyogi Uehara.
Akses menuju Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dari beberapa stasiun utama:
Dari stasiun Tokyo, stasiun Shinagawa, stasiun Shibuya, stasiun Shinjuku:
Naik JR Yamanote line dan turun di stasiun Meguro, setelah itu berjalan kaki sekitar 10 menit atau naik taksi.

Arah kiblat dan waktu sholat

・Arah Kiblat
Arah kiblat di beberapa kota-kota besar di Jepang adalah sebagai berikut: Tokyo 293,02°, Yokohama 293,01°, Nagoya 291,54°, Osaka 290,84°, Kyoto 290,95°, Fukuoka 288,39°, Sendai 293,50°, Sapporo 293,36°ke arah barat laut.
Beberapa situs atau aplikasi ponsel juga dapat membantu kita menentukan arah kiblat. Misalnya dalam situs berikut, derajat arah kiblat dapat diketahui dengan memasukkan nama kota yang disinggahi.
Alhabib Islamic Web Service
http://www.al-habib.info/arah-kiblat/
Contoh arah kiblat dari Tokyo, arah 293,02°
・Waktu Sholat
Seperti di negara empat musim lainnya, di Jepang waktu sholat pun berbeda di tiap musim. Jadwal waktu sholat di Jepang dapat didapat diaplikasi ponsel seperti Islamic Compass (iPhone), Muslim’s Prayer Times (android), Athan Azan, Prayer Times, Qiblah (blackberry), atau di beberapa situs informasi waktu sholat seperti situs berikut:
IslamicFinder
http://www.islamicfinder.org/cityPrayerNew.php?country=japan

Beribadah di tempat umum

Sebagian besar fasilitas umum seperti hotel, gedung pertemuan dan pertokoan, tidak menyediakan tempat beribadah maupun petunjuk arah kiblat di dalam ruangan. Jika sulit menemukan tempat ibadah, anda bisa memanfaatkan tanah / tempat kosong yang tidak ramai dilewati orang, seperti taman atau tanah kosong.
Agar tidak kesulitan untuk beribadah di tempat umum, bawalah sajadah tipis dan mukena lipat bagi wanita.

Kamar mandi dan kamar kecil di Jepang

Tentang kamar mandi

Di beberapa penginapan seperti penginapan tradisional, terkadang tidak ada kamar mandi di masing-masing kamar, melainkan hanya tempat pemandian bersama atau daiyokujo. Walaupun tempat mandi pria dan wanita terpisah, di dalam area pemandian tidak boleh menggunakan penutup badan sama sekali (termasuk handuk).
Sedangkan di beberapa hotel modern atau penginapan besar, selain kamar mandi di masing-masing kamar, juga disediakan kamar pemandian air panas pribadi yang dapat direservasi.
Informasi mengenai kamar mandi dan fasilitas hotel/penginapan lainnya dapat diperiksa di situs masing-masing penginapan atau ditanyakan langsung ke staf hotel atau pemandu wisata.

Tentang kamar kecil

Di beberapa fasilitas umum seperti taman atau stasiun, banyak ditemukan toilet yang hanya menyediakan tissue tanpa ada air untuk membasuh. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa tissue basah atau membawa air di botol kecil. Sedangkan, di bandara, hotel besar, atau pusat pertokoan besar, biasanya dilengkapi dengan bidet (kloset dengan alat penyemprot air pembasuh otomatis

http://www.jnto.or.id/muslim_visitors.html

Comments

  1. Kata temanku, di Jepang itu sulit menemukan mesjid. Namun melalui blog ini, kita sedikit bisa terbuka wawasan ttg wisatawan muslim di sana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c