Skip to main content

Sumber Suara "Tik.. Tik.." Pada Knalpot Motor Setelah di Pakai

Tik Tik Tik begitulah bunyinya
"Ping....".
Asal bunyi itu dari handphone yang tergolek diatas kasur. Ternyata ada notification dari grup Bajaj Pulsar Kaskus Riders on BBM, dari om Rosyid Budiman. "Oom, mau nanya serius ni. tadi pagi pas manasin motor kok dari daerah mesin ada suara ting ting, interval 2 detikan ya?". Rekan-rekan Bapuk yang kebetulan online pun satu persatu mengutarakan hipotesanya. Didapatlah kesimpulan dari perbincangan via BBM tersebut bahwa asal suara dari knalpot. Tapi kok waktu dipanasi? padahal umumnya ketika mesin mati tapi masih panas?.

Penasaran, sayapun bertanya kepada si Mbah, dan si Mbah memberi sedikit petuah dari link-link berikut ini :
Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang bisa menjadi bertambah panjanglebarluas, atau berubah volumenya karena terkena panas (kalor). Pemuaian tiap-tiap benda akan berbeda, tergantung pada suhu di sekitar dan koefisien muai atau daya muai dari benda tersebut.
Salah satu kelemahan besi adalah mudah mengalami korosi. Korosi menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur pakai berbagai barang atau bangunan yang menggunakan besi atau baja. Sebenarnya korosi dapat dicegah dengan mengubah besi menjadi baja tahan karat (stainless steel), akan tetapi proses ini terlalu mahal untuk kebanyakan penggunaan besi. 
3. http://cyber-ninja250r.darkbb.com/t15524-bunyi-tiktiktik-pada-mesin-di-pagi-hari 

Di kop head sinlder itu ada kek smacam bos, kmungkinan klo saat masih dingin dia masih renggang jadi bunyi krn getaran , bgitu mesin panas udah aga memuai.

nah ane bru inget ga bunyi tik tik lagi setelah itu bos d kop d lem besi spy paten.

Untuk kendaraan baru memang sering terjadi hal yang demikian, terutama bunyi di bagian kolong kendaraan. Biasanya bunyi tersebut terjadi sehabis kendaraan dipakai, hal tersebut dapat terjadi karena proses pemuaian besi (knalpot) yang sehabis panas kemudian berubah dingin. Bunyi tersebut akan berangsur-angsur hilang sampai plat besi knalpot tidak lagi memuai karena terkena panas.

AstraWorld

5. http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091228063656AAe2XCg
Jawaban dari ID Y!a BRS89 :
Setahu saya knalpot itu kan konstruksi dalemannya pake las-las titik (bagian luar dan beberapa bagian dalem memang ada yang pake las garis) 
Nah seinget saya waktu blajar ngelas dulu, kalo ada 2 plat atau lebih dilas titik, trus selesai las dibiarkan berbaur dengan suhu ruangan, maka plat yang memuai tadi akan menyusut drastis (drastisnya besi ga sedrastis karet, dsm) sedangkan di point las titik tadi akan cenderung lebih drastis lagi menyusutnya (inilah yang nyebabkan bagian yang dilas lebih getas dari pada benda yang disambung ; perbedaan kecepatan penyusutan saat pendinginan). Beda kecepatan penyusutan ini menyebabkan bunyi tik atau tek.
Kalo pada knalpot yang sudah dipakai sehari-hari, terjadi kebalikannya, yang memuai lebih banyak yang bagian plat-plat tersambung, sedangkan sambungannya yang boleh dibilang getas lebih sedikit memuai. Ketika dipakai berjalan kemudian berhenti lalu mesin dimatikan, maka masukan panas dari ruang bakar berhenti dan knalpot berbaur dengan udara sekitar yang jauh lebih dingin dari pada suhu udara yang keluar dari ruang bakar.
 
Terjadi lagi perbedaan kecepatan penyusutan di bagian dalam knalpot (antara bagian-bagian tersambung vs sambungan lasnya) dan terjadilah bunyi tek atau tik tadi.
Hal ini bisa dianalogikan pada yang terjadi di genteng rumah. Komposisi materiak genteng yang homogenitasnya rendah, ketika memuai karena panas matahari lalu kemudian mendadak terkena hujan, menyebabkan terjadi penyusutan drastis, namun karena ketangguhan dan homogenitas material genteng buruk maka kecepatan penyusutan di sebaran bagiannya tidak rata, sehingga pecahlah genteng tadi. Ini juga sama seperti terjadi pada Gelas, dsm.
 
Nah ketangguhan bahan mengandung besi dan bahan yang cenderung porselen kan berbeda (lebih tangguh besi, biarpun terkadang lebih keras porselen). Karena itu ketika ada penyusutan yang drastis pada konstruksi yang materialnya tidak homogen, namun karena sama-sama terbentuk dari unsur besi yang tangguh, maka benda tadi tidak pecah namun hanya berbunyi tik atau tek.
Demikian yang saya tahu, semoga membantu...
Nah ini motor Oom Rosyid Budiman

Nah, ketika asik Googling, kebetulan saya lihat kontak FB mas Bryan Rinaldi Suhartanto anggota PCS (Prides Chapter Surabaya) sedang online. Berniat mau diskusi sembari memberikan link dari Y!a diatas, ternyata kebetulan Mas brian adalah pemilik ID brs89 di Y!a. Sungguh sangat kebetulan yang berbuah positif.

Saya tampilkan potongan percakapan dengan Mas Brian via FB. Yang ber Bold saya sebagai penanya.


mas brian,, mo sharing ni
Ya?
Monggo...

tentang suara muai knalpot, ada referensi ato penjelasan ilmiah g? yang umumnya bunyi tik tik tik sebelum/sesudah mesin dipakai
sementara seperti ini mungkin mas http://id.answers.yahoo.com/question/indexqid=20091228063656AAe2XCg
Bukannya itu id bs89 adalah saya sendiri...

wuakakakak.... sekilas memang wajahnya mirip 
ada contoh gambar g mas tentang molekul yang memuai ? 
googling belom nemu soalny
tidak ada, soalnya hal seperti itu tidak ada dampak fatal dan tidak mempengaruhi peforma kendaraan maupun keselamatan manusia. jadi kalau nyari riset terkait itu, saya rasa susah menemukan.


n itu kasusnya juga ketika motor dipanasin di pagi hari. berarti g hanya dari panas-kedingin?
brs89 itu Itu saya dulu, waktu masih aktif jadi kontributor di Y!a Indonesia sebelum komunitas tersebut korup dan saya bersama sekian kontributor hijrah dari sana. Terkait itu, tidak ada yang perlu dikawatirkan. Bukan kerusakan.


mangstab ternyata mas brian iki, :2thumbup. 
saya masih peringkat 3 di sana ya? kontributor top?

jadi intinya bunyi itu berasal dari pemuaian/penyusutan molekul yang g berbarengan hingga saling berbentur satu sama laen yak?
Hal tersebut bukan sesuatu yang fatal dan tidak perlu dirisaukan.


hehe, bikin penasaran soalnya sumber bunyinya.. tapi dari yang ane simpulkan tentang sumber bunyi itu kurang lebih dah bener belom pak guru ? 
mo diangkat jadi tema blog besok..
genteng, panasin, lalu siram air dingin : akan bunyi tek, dan karena itu ekstrim genteng langsung pecah. Selain itu genteng terbuat dari bahan berkategori porselen.


di metal terjadi juga kayak gitu.
Coba situ taruh logam di oven pemanas yang bisa sampai ratusan celc, nanti dia membara, lalu taruh di udara dingin. Nanti akan muncul suara tek itu. Tapi karena dia ferus bukan porselen, relatif tahan terhadap cracking.


analoginya mangstab, terus tentang suaranya yang berinterval gimana?
karena bertahap

jadi sebanding dengan suhu yang terus menurun secara bertahap yak
misal situ knalpot panas, langsung dari lubang knalpot situ isi air es. Nanti ada suara cesss, lalu tek keras sekali.


pasti gara2 perubahan suhu yang ekstrem itu
okeee... terjawab sudah rasa penasarannya. thanks alot nih mas brian buat pencerahannya 
Iya, tapi saya rasa knalpot ga bakal retak, soalnya itu ferus bukan porselen. Kalo terbuat dari porselen, pasti lgsg crack. haha, saya ga nyangka tulisan lama itu ditemukan sekarang dan disampaikan ke saya sendiri

btw ijin copas ke blog ya hasil jawaban di Y!a ama perckapan ini . hehe, dunia memang bundar... ujung2nya ketemu lagi ketemu lagi 
iya, dirapikan aja ya...

seeep... :thumbup selamat melanjutkan aktivitas kembali mas.
oke sama" mas


Panjang dan lebar ya kawan?, tidak mengapalah asal bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita. Siapa tahu kelak anak Oom Rosyid Budiman atau anak kita yang masih kecil sepulang jalan-jalan bertanya dengan topik yang sama, kita sudah tahu jawabannya bukan?.
source : http://yangcanggih.com/2014/01/21/3-aplikasi-pilihan-untuk-menghemat-memori-internal/

Comments

Popular posts from this blog

Fix 'Your Windows License Will Expire Soon' - Cara Mengatasi Menggunakan KMS Pico

Hai pengunjung-pengunjung yang nyasar di blog saya, sengaja maupun tidak sengaja. Saya akan membagikan trik mengatasi " Your Windows License Will Expire Soon ".   Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. Buka  Task Manager , kemudian cari  explorer , setelah itu  klik kanan  pilih  End Task atau  Restart  seperti gambar dibawah. kalau kalian pilih  End Task , langkah selanjutnya pilih  File>New tasks  ketikkan explorer.exe , Ok.   langkah selanjutnya masuk  Command Prompt (CMD) . jangan lupa untuk  Run as administrator . Setelah jendela CMD muncul, ketikkan  slmgr -rearm  dan enter, klau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan seperti gambar dibawah, klik Ok kemudian Restart. Setelah anda restart coba periksa status aktivasi windows anda, pastikan statusnya Windows is not activated . Langkah selanjutnya instal  KMSPico . Bagi yang memiliki  KMSPico  versi Portable, langsung jalankan  AutoPico.exe , akan muncul suara-suara seperti suara dari neraka

Naskah Drama Timun Mas dalam Bahasa Inggris

  A long time ago, there is life wife and husband farmer. They are live in the village near of the jungle. But, they not have a child. Every day, they had prayed to god to have a child. Father – Mother    : “YA ALLAH… Give me a child so that we have Hereditary so that he is to take care of us, so that Happiness so complete. One day a giant to pass their house and the giant near pray of the farmer pair and than the Giant given the cucumber grain to them. Father                  : “Who are you ?” What are you doing have ? Mother                  : Don’t disturb us ! Giant                     : I am a Giant that live in the jungle of at there. I don’t want disturb all of you. I just want to asked,                                      “What do you want have a child ? Father – Mother    : Yes,,,Giant. We want have a child. Mother                  : Do you can to help us ? Giant                     : To plant grain this, you want can have a girl child. Mother                 

Resep Membuat Nasi Goreng Bahasa Jawa (Nggawe Sego Goreng)

 Bahan Sekul Goreng Jowo : 1. 500 gr sekul 2. 200 gr daging sapi godhok , iris dhowo lan tipis 3. 100 gr urang teles , kupas kulite 4. 2 sdm kecap manis 5. 2 sdm minyak goring kangge numis  Bumbu Alus Sekul Goreng Jowo : 1. 4 Buah Lombok abang ,buang bijine 2. 1 sdt terasi 3. 6 buah brambang 4. 3 siung bawang putih 5. 1 sdt ketumbar 6. setengah sdt gendhis pasir 7. 1 sdt sarem  Tambahane Sekul Goreng Jowo : 1. 2 biji endok pithik, gawe dadar 2. 2 biji timun , oncek lan potong – potong 3. Krupuk urang sacukupe 4. Bawang goring sacukupe  Carane gawe Sekul Goreng Jowo : 1. Tumis bumbu alus sampek wangi.Menehi 3 sendok mangan, toya , lan kecap manis , udek roto. 2. Lebokne daging lan urang , udek dilute. 3. Lebokne Sekul , udek terussampek roto nang dhuwure geni cilik , angkat.sajikno karo bawang goreng , endok dadar , irisane timun lan krupuk urang.

Contoh Descriptive Text About Borobudur Temple

BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist monument in Magelang, Central Java, Indonesia. The monument comprises six square platforms topped by three circular platforms, and is decorated with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues. A main dome, located at the center of the top platform, is surrounded by 72 Buddha statues seated inside perforated stupa. The monument is both a shrine to the Lord Buddha and a place for Buddhist pilgrimage. The journey for pilgrims begins at the base of the monument and follows a path circumambulating the monument while ascending to the top through the three levels of Buddhist cosmology, namely Kāmadhātu (the world of desire), Rupadhatu (the world of forms) and Arupadhatu (the world of formlessness). During the journey the monument guides the pilgrims through a system of stairways and corridors with 1,460 narrative relief panels on the wall and the balustrades. BOROBUDUR TEMPLE Borobudur is a ninth-century Mahayana Buddhist mo

Biologi : Pencemaran Suara : Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Sumber, Dampak dan Cara Pencegahan Pencemaran Suara Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Standar polusi suara tidak dapat ditentukan oleh suatu standar tertentu, selama dianggap mengganggu, suara tersebut dapat dikategorikan ke dalam polusi suara. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel. Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara : 1. Orang ngobrol biasa = 40 dB 2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB 3. Suara kereta api / krl = 95 db 4. Me

Contoh Descriptive Text About The Cat

The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. Contoh Descriptive Text About The Cat The cat (Felis silvestris catus), also known as the domestic cat or housecat to distinguish it from other felines and felids, is a small domesticated carnivorous mammal that is valued by humans for its companionship and its ability to hunt vermin and household pests. Cats have been associated with humans for at least 9,500 years, and are currently the most popular pet in the world. Due to their close association with humans, cats are now found almost everywhere on Earth. This extre

Clue Jawaban Quiz Parampaa 2

Assalamu 'alaikum... Huah.. Panda is back.. Bagi kawan-kawan yang udah berhasil namatin PARAMPAA 1, dengan atau tanpa frustasi dulu, bisa lanjut (frustasinya) dengan cara maenin PARAMPAA season 2.. Tapi sebelum baca ini, mendingan usaha dulu deh, coba memeras otak sampe kering kalo perlu, dan kalo udah stuck banget, baru baca ini post yah.. hehee.. PARAMPAA SEASON 2 Level 101 = Klik aja 'Mulai', jadi inget Parampaa 1 ya.. Level 102 = Ayo, gerakin mouse nya dan jangan ampe kena yang merah ya.. Level 103 = Cari yang salah dalam kalimat soalnya, biasanya huruf pertama tuh huruf apa ya.. Level 104 = Kemampuan bahasa indonesianya di uji nih, ada 4 kesalahan aja.. Level 105 = Ini ilmiah, berhubungan sama Astronomi.. Level 106 = Kayak PARAMPAA 1, cari aja saklar yang ngumpet, tapi volume suaranya harus gede.. Level 107 = Ambigu loh kata yang di boldnya, artiin dengan cermat.. Level 108 = Bill itu karakter di game Left 4 Dead, klik aja di

Langkah Langkah Setting Proxy di Bluestack dengan ProxyCap

Introduction BlueStacks AppPlayer is a software that brings Android applications to PCs and Mac. This tutorial will show you how to install and use BlueStacks from behind an HTTP proxy. A regular HTTP proxy is sufficient to provide access to the internet to BlueStacks itself and to the most of Android apps. A small amount of Android apps use network protocols other than HTTP and HTTPS. In order to proxify these latter apps, you will need a SOCKS or SSH proxy server instead. The instructions below should apply to Mac OS X too as the setup procedure is very similar. This tutorial has been written for the version 0.8.0.2997 of BlueStacks. If you determine that this tutorial is outdated, then please feel free to let us know by sending an email via our  contact form . Installation Download  and install ProxyCap. Restart your system when the setup program asks you to do so. If you already have BlueStacks installed, skip to the next step. Otherwise, download the BlueStacks installer,

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO

Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING / HUANG HO Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning. Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur. Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum, padi, teh, j

Clue Jawaban Quiz Parampaa Kita Semua

ssalamu 'alaikum... Jangan ngaku master Parampaa tanpa namatin yang satu ini, ade nya Parampaa 1 ama Parampaa 2.. PARAMPAA KITA SEMUA.. Parampaa yang soal-soalnya hasil kiriman dari kawan-kawan lain, disini ga ada nomer level, tapi level yang dikirim oleh pengirimnya.. Udah ah, kelamaan, ini dia cluenya.. PARAMPAA KITA SEMUA Level dari STEWARD AUGUSTO = Musti Online loh maennya.. Ada kata 'Space Rouge' berwarna-warni, dibawahnya 'Mr Sun and Mrs Rain are meeting'. Nah kalo matahari ama ujan ketemu jadi apa hayo, nah susun huruf-huruf berwarna diatas sesuai urutan hasil dari pertemuan matahari dan hujan, maka jadi 2 kata dalam bahasa inggris, yakni P*** S*****, nah, buka p*** s*****-nya parampaa kita semua dan p*** s*****-nya parampaa 1 / 2, dan bandingkan kedua p*** s*****, kalo udah ketemu bedanya, klik huruf itu di screen sebanyak ** kali.. dan lewat dah.. Level dari KOUSE91 LUTHFI N YAMIN = Buka web nya Masova, dan c